makanan-peningkat-asi

Mendapatkan Asi adalah hak anak kita. Sebagai ibu baru yang ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya tentu mereka memilih untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayinya. Agar bisa menyusui dengan lancar ibu membutuhkan nutrisi dan makanan bergizi karena hal itu penting untuk kualitas ASI bunda. Apabila bunda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan saat menyusui maka tubuh akan mengambil simpanan nutrisi dari tubuh bunda.bunda tidak mau kan tubuh bunda sakit saat menyusui, maka lebih baik untuk memperhatikan makanan yang bunda konsumsi. Jadi untuk menjaga kesehatan bunda dan menjaga kualitas ASI bunda agar bayi mendapatkan yang terbaik marilah konsumsi makanan bergizi berikut ini :

  • Susu rendah lemak

Susu,yoghurt ataupun keju mengandung kalsium terbaik, jika bunda menyusui akan sangat bermanfaat minum susu karena sarat akan kalsium yang membantu tulang bayi bunda berkembang,jadi minumlah susu setiap hari.

  • Salmon

Ikan salmon kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan baik ibu hamil maupun ibu menyusui, karena mengandung DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi dan baik untuk kandungan nutrisi ASI bunda.

  • Daging sapi

Daging sapi mengandung zat besi,protein dan vitamin B-12 yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Pilihlah daging sapi yang tanpa lemak.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah misalnya sangat bermanfaat untuk ibu menyusui karena kaya akan zat besi dan protein.

  • Beras merah

Beras merah kaya akan manfaat, buat bunda yang ingin mengurangi berat badan tapi terjaga asupan karbohidratnya maka konsumsi lah beras beras karena mengandung karbohidrat yang sehat yang akan tetap menjaga energi bunda.

  • Telur

Didalam kuning telur terdapat sumber vitamin D yang akan membantu menjaga tulang bunda dan membantu pertumbuhan tulang bayi bunda. Telur juga mudah didapat dimana saja jadi mengkonsumsi telur adalah cara mudah memenuhi kebutuhan protein harian bunda.

  • Jeruk

Ibu menyusui membutuhkan banyak vitamin C melebihi ibu hamil, mengkonsumsi jeruk setiap hari adalah cara mudah yang bisa bunda lakukan karena mendapatkannya pun tidak susah.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau banyak manfaatnya untuk ibu menyusui karena banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi,antioksidan dan rendah kalori yang perlu bayi dapatkan dari ASI bunda.

  • Gandum / sereal gandum

Sereal gandum/ bubur gandum ataupun roti gandum dapat membantu memberikan energi yang dibutuhkan bunda saat menjaga bayi. Gandum juga kaya akan asam folat yang penting bagi bayi.

  • Air

Sebagai ibu menyusui minum air adalah hal yang sangat penting, karena apabila bunda dehidrasi maka akan menurunkan tingkat energi bunda secara drastis. Bunda bisa memenuhi kebutuhan cairan bunda dengan minum jus, susu ataupun air putih. Hindari minum teh atau kopi ya karena mengandung kafein yang bisa saja membuat bayi susah tidur.

Itulah beberapa contoh makanan yang penting untuk ibu menyusui. semoga membantu bunda.