ibu hamil sehat

Pengalaman menjadi seorang ibu hamil, tentunya  sangat  berharga. Apalagi jika kehamilan yang Anda dapatkan ini adalah kali pertama. Berbagai emosi tentunya akan turut ambil bagian pada bulan-bulan pertama kehamilan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mendapatkan kehamilan, seperti :

  1. Kontrol kesehatan secara teratur
    Anda harus  melakukan kontrol secara teratur, dengan demikian maka Anda akan mengetahui dengan baik bagaimana perkembangan janin yang sebenarnya. Selain itu pemeriksaan secera rutin juga diperlukan, untuk mengontrol kesehatan ibu dan bayi, jika ibu atau janin menapatkan masalah tertentu maka dokter atau bidan dapat melakukan tindakan pencegahan sejak dini.
  1. Mengkonsumsi makanan sehat
    Konsumsi makanan sehat, itu memang sebuah keharusan. Memasuki trisemester pertama, banyak sekali ibu yang merasa sulit makan, hal itu karena fluktuasai hormon yang ada di dalam tubuh tidak seimbang, hingga tubuh belum dapat menyesuaikan diri dengan kondisinya yang baru. Anda harus mencari tahu beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi, dan tidak akan membuat Anda merasa mual. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, MSG, dan bahan-bahan berbahaya lainnya, agar janin sehat. Selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga baik untuk kesehatan ibu dan bayi.
  1. Olahraga secara teratur
    Tidak ada larangan untuk seorang ibu hamil melakukan olahraga. Olahraga ini sangat diperlukan agar tubuh ibu hamil selalu lentur. Ada kalanya seorang ibu hamil merasa sakit pada beberapa bagian tertentu, dengan melakukan beberapa olahraga ringan, seperti jalan kaki, berenang, atau senam ibu hamil, maka rasa sakit ini akan berkurang.
  1. Istirahat cukup
    Seorang ibu hamil harus mendapatkan istirahat yang cukup, hal ini berfungsi agar energi ibu dapat digunakan dengan baik untuk tumbuh kembang bayi. Terutama pada trisemenster pertama, seorang ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup, agar proses pembentukan janin menjadi lebih maksimal.
  1. Tidak mengkonsumsi sembarang obat
    Hindari terlalu sering mengkonsumsi obat kimia, karena obat-obatan tersebut akan terserap juga pada janin dan akibatnya tumbuh kembangnya menjadi terhambat. Jika memang harus mengkonsumsi obat tertentu, ada baiknya jika dibawah pengawasan doker kandungan, atau bidan.
  1. Selalu berkomunikasi dengan janin
    Selalu berkomunikasi dengan janin tentunya akan membaut sebuah ikatan tersendiri antara ibu dan janin. Anda dapat memberikan sentuhan, memperdengarkan musik, melakukan pembicaraan antara ibu, ayah dan janin, itu semua akan membuat janin merasa nyaman dan tentunya akan ada keterikanan khusus antara orang tua dan janin.
  1. Jaga emosi
    Ketika Anda hamil terutama pada saat trisemenster pertama, maka akan terjadi berbagai macam perubahan hormon, ada beberapa yang aktif menjadi tidak aktif,ada juga yang tidak aktif menjadi aktif. Perubahan hormon seperti ini yang membuat sistem kimia tubuh menjadi tidak seimbang hingga ibu mudah sekali emosi.  Mengontrol emosi adalah tindakan yang paling bijak.
  1. Hindari radiasi
    Anda juga sebaiknya menghindari radiasi tertentu, Anda dapat menggunakan internet atau menggunakan smartphone asalkan tidak terlalu lama. Karena radiasinya dapat merusak proses tumbuh kembang janin.
  1. Hindari hewan yang berpenyakit
    Hindari juga beberapa hwan yang dapat menyebarkan bibit penyakit seperti toksoplasma, karena itu akan berakibat buruk bagi kesehatan janin. Jika Anda mempunyai hewan peliharaan terutama binatang berbulu, ada baiknya periksakan di doker hewan agar hewan tersebut terhindar dari penyakit tersebut.

Demikianlah beberapa informasi tentang ibu hamil, dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan selama hamil.