kb

Menyusui adalah kebanggaan tersendiri sebagai seorang ibu.Tetapi bersamaan dengan itu menyusui membuat bunda terbatas dalam melakukan berbagai hal, salah satunya adalah dalam memilih alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan yang tidak mengganggu produksi ASI bunda.

Pada umumnya ibu menyusui yang memberikan ASI eksklusif pada bayinya, mereka tidak mengalami haid dalam beberapa minggu,bulan bahkan tahun. Hal ini dikarenakan keluarnya hormon prolaktin saat proses menyusui berlangsung. Hormon inilah yang menghambat produksi sel telur sehingga bisa dikatakan KB alami. Tetapi KB alami tidak menutup kemungkinan terjadinya kehamilan,untuk mencegah kehamilan sebaiknya bunda tetap harus menggunakan alat kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui. Mari kita ketahui lebih dalam mengenai alat kontrasepsi yang cocok untuk ibu menyusui berikut ini :

Pil,Suntik,Implant

Sebagai Ibu menyusui pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya seperti hal nya dalam menyusui,supaya tetap lancar ibu harus memperhatikan beberapa hal mengenai KB yang tetap mendukung program ASI eksklusif. Ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan KB yang mengandung kombinasi hormonal agar tetap lancar dalam menyusui. Seperti halnya alat kontrasepsi Pil,Suntik dan implant dikarenakan alat kontrasepsi ini mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron. WHO juga tidak merekomendasikan KB yang mengandung hormon estrogen karena hal itu bisa mengurangi kandungan lemak dan produksi ASI.Apabila bunda masih tetap ingin menggunakan KB jenis pil maka pilihlah yang hanya mengandung hormon progesteron (mini pil). Mini pil juga dikenal sebagai KB Laktasi yang memang untuk ibu menyusui karena mini pil ini tidak mengganggu produksi ASI bunda.Walaupun mini pil ini aman sebaiknya digunakan 6 minggu pasca melahirkan.

KB IUD, Suntik 3 bulan dan Kondom

KB IUD (Intra Uterine Device) yaitu alat kontrasepsi yang berbentuk T yang dibuat dari plastik yang dililit tembaga dengan tali di ujung bagian bawah. Alat kontrasepsi ini dimasukkan ke dalam rahim untuk menghalangi sperma bertemu sel telur. KB ini tidak mengandung hormon estrogen dan progesteron jadi KB ini aman digunakan untuk ibu menyusui karena tidak mempengaruhi kualitas produksi ASI. KB suntik 3 bulan juga aman digunakan oleh ibu menyusui karena tidak mengandung hormon progesteron. Sedangkan kondom juga boleh digunakan untuk ibu menyusui karena tidak mengganggu kualitas dan produksi ASI penggunaanya pun sangat praktis.

Jadi bunda, pilihlah jenis KB yang cocok untuk bunda ya agar tetap aman dan lancar dalam menyusui buah hati dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dalam memilih KB..semangat menyusui ya bunda…