makanan-pedas

Mengetahui kalau diri bunda hamil biasanya bunda akan mencari info tentang kehamilan dan pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan dan makanan apa yang tak boleh dimakan. Seperti halnya makanan pedas yang sering ditanyakan oleh kebanyakan ibu hamil. Banyak ibu hamil yang bingung akan hal ini, sebenarnya mereka boleh nggak sih makan makanan pedas saat hamil?

Banyak orang berpendapat bahwa makan tanpa rasa pedas kurang mantap rasanya. Tapi jika bunda sedang mengandung apakah aman?

Makanan Pedas tidak berbahaya bagi janin dalam kandungan

Makan makanan pedas sebenarnya tidak berbahaya untuk janin bunda dalam kandungan, tapi walaupun begitu makan makanan pedas akan berpengaruh untuk bunda sendiri. Ada beberapa ibu hamil yang tidak apa-apa makan makanan pedas tapi ada juga ibu hamil yang apabila makan makanan pedas mereka bisa mengalami mulas atau mengalami masalah pencernaan yang lain. Ibu hamil juga perlu untuk mengkonsumsi bermacam-macam makanan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil sendiri dan bayi dalam kandungan. Pada kehamilan trimester pertama apabila makan makanan pedas juga terkadang bisa memperburuk morning sickness bunda, terutama bagi mereka yang perutnya tidak bisa menerima bumbu tertentu seperti cabe atau merica misalnya. Akan tetapi ibu hamil juga perlu mengkonsumsi bermacam-macam makanan untuk memenuhi diet seimbang selama kehamilan yakni agar ibu hamil dan janin mendapat nutrisi yang diperlukan. Para medis berpendapat bahwa makan makanan pedas masih aman dikonsumsi saat hamil. Makanan pedas tidak membahayakan bayi.

Boleh makan pedas asal normal

Ibu hamil boleh saja makan makanan pedas tetapi harus dalam porsi yang wajar, jangan berlebihan. Orang yang tidak hamil saja bisa mengalami masalah percernaan kalau makan makanan pedas yang berlebih apalagi ibu hamil, Karena apabila ibu hamil makan makanan pedas yang berlebih hal itu bisa menyebabkan diare yang akan memicu terjadinya dehidrasi baik pada ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan bunda.

Walaupun makan makanan pedas aman untuk dikonsumsi selama kehamilan dan tidak membahayakan janin tapi perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang mempunyai penyakit magh atau masalah percernaan lain sebaiknya mencoba dulu dalam jumlah sedikit sebelum memakannya.

Semoga bermanfaat.