vitamin-b9

Asam folat atau vitamin B9 ini sangat penting dikonsumsi ibu hamil. Terutama ibu hamil pada kehamilan trimester pertama, karena pada masa ini adalah masa dimana otak dan tulang belakang janin mulai terbentuk. Janin yang kurang asupan asam folat sangat beresiko menderita gangguan pembentukan selubung syaraf. Ibu hamil baiknya mengkonsumsi asam folat 400mcg/hari pada
trimester pertama dan diteruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4 sampai 9 bulan untuk mengurangi resiko bayi mengalami cacat seperti bayi lahir dengan berat rendah, cacat celah bibir, kelahiran premature dan keguguran. Bahkan asam folat juga baik untuk seseorang yang menderita penyakit jantung,kanker dan anemia.
Dimana asam folat terkandung? Banyak makanan yang mengandung asam folat yaitu sayuran hijau seperti bayam,salada,asparagus dll. Selain sayuran,buah-buahan juga sangat banyak yang mengandung asam folat seperti pisang dan melon. Kacang-kacangan juga ada seperti kacang tanah,kacang hijau dan kacang merah. Bila bunda tidak menyukai makanan seperti diatas, bunda juga bisa mengkonsumsi susu yang mengandung asam folat.tapi ingat bunda, bahan makanan alami jauh lebih baik untuk dikonsumsi, dan supaya kandungan asam folat pada makanan tidak hilang bunda-bunda jangan memasak dengan suhu yang terlalu tinggi.
Jadi apabila bunda berencana untuk memeriksakan kehamilan ke dokter pastikan mendapat resep asam folat dan vitamin ya karena penting untuk janin bunda. Untuk para wanita yang merencanakan kehamilan juga sangat baik mengkonsumsi asam folat lho..ada penelitian mengungkapkan mengkonsumsi asam folat bisa meningkatkan 50% lebih besar peluang untuk terjadinya kehamilan. Jadi tetap semangat ya..