bahaya asap rokok

Bukan rahasia umum lagi bahwa merokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, bahkan tertulis dengan jelas dibungkus rokok tersebut apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan dari merokok . Walaupun demikian, masih banyak orang yang tidak bisa lepas dengan rokok, padahal mereka tahu konsekuensi dari merokok tersebut. Rokok memang sangat membahayakan bagi kesehatan siapa saja baik itu bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Tak terkecuali ibu hamil, bahaya asap rokok ini dapat mengancam kesehatan ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan bahaya yang mengancam kesehatan ibu hamil yang merokok (perokok aktif) sama dengan ibu hamil yang hanya terpapar asap rokok (perokok pasif). Asap rokok sangat berpengaruh pada kondisi perkembangan janin anda, mulai dari trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan oksigen yang ibu hirup yang mengandung senyawa kimia dari rokok akan dilanjutkan secara langsung ke janin melalui plasenta sehingga otomatis keadaan ini akan meracuni janin. Karena kualitas udara yang ibu hirup sangat menentukan kesehatan janin nantinya. Berikut ada beberapa ancaman dan bahaya bagi ibu hamil dan juga janin yang disebabkan oleh asap rokok :

Bahaya asap rokok bagi ibu :

  • Rokok mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi produksi ASI ibu
  • Berkurangnya berat badan ibu dikarenakan minimnya nutrisi yang terkandung dalam tubuh ibu akibat terpapar senyawa kimia rokok.
  • Pendarahan dari uri atau abruption placenta yang disebabkan oleh terlepasnya plasenta dari dinding rahim
  • Kondisi abruption plasenta ini bisa menyebabkan komplikasi serius pada ibu hingga bisa menyebabkan kematian ibu.

Bahaya asap rokok bagi janin :

  • Janin terlahir dengan berat badan yang rendah karena racun nikotin yang menghambat aliran darah yang menjadi sumber nutrisi janin. Hal ini menyebabkan bayi lahir prematur dan juga perkembangan organ tubuh janin belum sempurna.
  • Janin bisa terkena penyakit asma, bronkitis, jantung serta hambatan pertumbuhan paru-paru.
  • Janin bisa memiliki penyakit leukimia atau kanker lainnya karena terkena senyawa kimia rokok yang mengakibatkan kerusakan genetik.
  • Janin tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik karena asap rokok bisa mengubah struktur DNA.
  • Janin bisa mengalami kematian dini di dalam kandungan ibu atau keguguran yang diakibatkan oleh sindrom kematian mendadak (Sudden Infant Death Syndrome). Hal ini disebabkan karena rokok bisa membuat plasenta terlepas dari rahim terlalu dini sehingga mengakibatkan keguguran / kelahiran dini.
  • Janin bisa mengalami keterbelakangan mental akibat gangguan pertumbuhan otak janin selama di dalam kandungan.
  • Janin bisa beresiko lahir cacat seperti bibir sumbing karena kelainan sperma pada ayah yang suka merokok (perokok aktif).

Itulah beberapa bahaya yang disebabkan oleh asap rokok baik pada ibu maupun janin didalam kandungan. Agar kehamilan anda sehat, usahakan lingkungan anda terbebas dari asap rokok. Konsultasikan selalu keluhan yang terjadi pada kehamilan anda. Semoga bermanfaat salam sehat selalu..