balita sehat

Tahukah Anda mengenai beberapa makanan untuk gizi balita yang sedang muntah dan diare yang sebaiknya diketahui? Ketika anak mengalami muntah dan diare tentunya sebagai ibu kita sering merasa panik. Hal ini wajar adanya karena mungkin kita kurang pemahaman mengenai jenis makanan apa saja yang baik saat anak dalam kondisi demikian dan tindakan yang sebaiknya dilakukan. Biasanya apabila seorang anak terkena diare akan sembuh maksimal dalam waktu tujuh hari. Selain itu jarang sekali apabila diare dalam kondisi biasa bukan penanganan dokter terjadi selama berminggu-minggu. Tentunya apabila hal ini terjadi segera lakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu ketahui juga mengenai beberapa makanan untuk gizi balita yang sedang muntah dan diare.

Beberapa makanan untuk balita yang sedang muntah dan diare yaitu :

  • Nasi tim

Apabila balita Anda sedang muntah dan diare maka bisa diberikan nasi tim untuk makanannya. Nasi tim ini biasanya berisi nasi, sop yang dari wortel, bayam, jagung dan ati yang biasanya diberikan kuah. Kemudian akan dihancurkan agar lembut sehingga ketika akan lebih mudah dicerna oleh anak balita. Perlu Anda ketahui nasi tim ini sangat nikmat karena jenis nasi ini dapat memadatkan feses sehingga akan membantu pemulihan balita yang terkena diare dan muntah.

  • Sup

Sup bisa diberikan untuk anak yang sedang mengalami muntah dan diare karena memiliki kandungan air yang sangat banyak. Jenis makanan ini dinilai sangat cocok untuk membantu dalam mengatasi dehidrasi saat diare dan muntah. Anda dapat membuat sup dengan memberikan beberapa jenis sayuran didalamnya. Beberapa sayuran yang biasanya ada didalam sup antara lain yaitu bayam, wortel, jagung manis, kacang merah dan masih banyak lainnya.

  • Bubur

Saat anak tidak berselera makan maka bubur bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat anak berselera makan. Anda dapat memberikan bermacam-macam bubur misalnya saja bubur nasi dengan santan, bubur susu dan masih banyak lainnya. Semua bubur dapat dipilih dengan disesuaikan dengan nafsu makan anak agar terasa lebih nikmat.

  • Sereal

Makanan yang sangat disukai anak-anak yaitu sereal. Saat anak sakit untuk merangsang nafsu makannya agar dapat mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak salah satu caranya dengan memberikan sereal. Namun yang perlu diingat adalah sebaiknya mengkonsumsi sereal sesekali saja dan campuran yang digunakan dipilih jenis susu segar. Tujuannya agar kebutuhan gizi balita dapat tercukupi. Jenis sereal ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yang mengurangi gula.

  • Kentang

Kentang memiliki sumber karbohidrat yang sangat mudah dicerna sehingga tidak membebani saluran pencernaan balita Anda. Berikan kentang yang bisa diolah dengan cara direbus dan dicampurkan dengan makanan yang disukainya misalnya saja telur dan lauk lainnya. Kentang dapat dikonsumsi sebagai variasi makanan untuk anak yang sedang muntah dan diare terlebih yang mengalami nafsu makan menurun.

 

  • Pisang

Kandungan serat yang ada didalam pisang sangat banyak sehingga akan membantu dalam mengenyangkan anak Anda. Bagi anak yang susah makan saat terkena muntah dan diare berikan nutrisi gizi balita dengan buah pisang. Banyaknya kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh akan membantu memulihkan tubuhnya.