pantangan ibu hamil

Pantangan ibu hamil merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa hal yang pantang untuk dilakukan ibu hamil karena alasan – alasan tertentu yang didasarkan pada kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Menjaga kesehatan ibu dan janin merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan selama 9 bulan masa kehamilan.

Pantangan Terkait Gaya Hidup Ibu Hamil
Dengan perawatan dan penjagaan yang baik; maka seorang ibu hamil diharapkan akan menjalani persalinan dengan lancar dan melahirkan bayi yang sehat dengan selamat. Karena alasan kesehatan dan keselamatan itulah ada beberapa hal yang pantang dilakukan oleh ibu hamil.

  • Merokok juga merupakan pantangan yang wajib ditaati oleh ibu hamil. Usahakan untuk tidak berada di lingkungan perokok aktif agar ibu hamil juga tidak terpapar asap rokok karena menjadi perokok pasif.
  • Menggunakan obat anti nyamuk merupakan pantangan lain yang patut diperhatikan. Saat ini ada begitu banyak produk obat nyamuk mulai dari obat nyamuk bakar, semprot hingga losion yang lazim digunakan. Semua jenis obat nyamuk tersebut memiliki kandungan pestisida atau racun yang dapat meningkatkan resiko kerusakan syaraf dan organ tubuh yang berkembang pada janin.
  • Sepatu hak tinggi atau high heels merupakan pantangan ibu hamil yang lain. Jangan karena ingin tampil modis dan gaya kemudian ibu hamil memilih untuk mengenakan sepatu hak tinggi. Bentuk sepatu hak tinggi yang sebenarnya tidak ergonomis dapat memicu berbagai masalah karena kaki harus menopang beban yang lebih berat dan tubuh juga mengalami perubahan titik berat selama masa kehamilan. Sakit pinggang dan punggung merupakan efek yang biasanya akan langsung terasa. Selain itu sepatu hak tinggi juga meningkatkan resiko ibu hamil untuk jatuh karena gangguan keseimbangan.
  • Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. Meski ada beberapa obat dan juga suplemen kesehatan yang dinyatakan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui; sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter guna memastikan boleh tidaknya obat tersebut dikonsumsi.

Pantangan Terkait Konsumsi Makanan Dan Minuman
Ada beberapa pantangan yang juga wajib diperhatikan ibu hamil terkait dengan makanan dan minuman yang beresiko menimbulkan masalah selama masa kehamilan dan juga masalah pada janin yang dikandung.

  • Mengkonsumsi minuman bersoda merupakan pantangan yang sebaiknya ditaati oleh ibu hamil. Minuman dengan pemanis buatan juga sebaiknya tidak lagi dikonsumsi. Mengurangi konsumsi gula juga baik untuk dilakukan selama masa kehamilan.
  • Diet merupakan pantangan lain yang sebaiknya ditaati oleh ibu hamil. Kenaikan berat badan merupakan hal yang wajar selama masa kehamilan. Selama dokter kandungan atau bidan tidak menganjurkan untuk diet karena kelebihan berat badan; maka seorang ibu hamil pantang untuk melakukan diet. Resiko janin mengalami kekurangan nutrisi wajib dihindari; resiko tersebut dapat meningkat jika ibu hamil tidak mengkonsumsi cukup makanan.
  • Mengkonsumsi minuman yang mengadung alkohol juga pantang bagi ibu hamil. Konsumsi alkohol dapat menyebabkan bayi lahir cacat, memiliki kecerdasan rendah hingga memiliki kelainan sifat yang agresif.
  • Seafood merupakan pantangan yang juga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Meskipun ikan laut memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dan dibutuhkan oleh janin; namun ada resiko kandungan merkuri yang tinggi pada ikan laut dan juga bahan makanan dari laut yang lain. Usahakan untuk mencari sumber lain seperti suplemen ibu hamil sebagai sumber asupan asam lemak omega 3. Boleh ibu hamil mengkonsumsi seafood apabila dimasak dengan matang dan diambil dari tempat yang aman yang terbebas dari kandungan merkuri.
  • Sayuran mentah, daging mentah, telur mentah atau setengah matang juga merupakan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan ibu hamil terkena infeksi toksoplasmosis, yang berbahaya bagi ibu hamil.

Kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandung sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan juga konsumsi makanan serta minuman. Oleh karena itu seorang ibu hamil sebaiknya memperhatikan dan taat pada pantangan ibu hamil.