sebaiknya dihindari ibu hamil

Pada dasarnya tidak ada pantangan secara spesifik terhadap seorang ibu hamil, hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang ibu hamil, agar tumbuh kembang janin menjadi lebih baik dan juga maksimal. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan selama Anda hamil :

  1. Hindari beberapa makanan tertentu
    Ketika Anda sedang hamil ada baiknya jika menghindari beberapa makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti pengawet, aspartame, sukrosa,  MSG, dll.  bahan-bahan  tersebut tidak baik untuk tubuh ibu dan jika terserap oleh janin juga akan membuat tumbuh kembang bayi menjadi tidak maksimal. Mengkonsumsi dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan berakibat fatal, akan tetapi jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak biasanya akan berakibat pada pertumbuhan otak janin atau pertumbuhan tubuh janin.
    Ada baiknya jika mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging rendah lemak, dan beberapa makanan lainnya.
  2. Menghindari beberapa minuman tertentu
    Ada beberapa minuman tertentu yang harus Anda hindari atau mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat sedikit seperti minuman beralkohol dan minuman bersoda. Minuman-minuman ini dapat merusak beberapa organ tubuh dan juga dapat merusak kalsium dalam tubuh. Hal ini juga yang akan berdampak pada tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.
    Ada baiknya jika Anda lebih banyak mengkonsumsi susu, air putih dan juga jus. Karena minuman seperti ini tentunya akan memberikan nutrisi penting bagi tubuh ibu dan juga bayi.
  3. Tidak menggunakan pakaian tertentu
    Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Hal ini juga yang dapat mengakibatkan proses tumbuh kembang bayi terganggu. Khusus untuk trimester kedua dan ketiga, ada baiknya jika Anda menggunakan pakaian yang longgar, agar perut dapat bergerak dengan lebih leluasa, dan janin juga dapat bergerak dengan lebih bebas. Saat ini ada banyak sekali desain pakaian khusus hamil yang nyaman untuk digunakan dan juga tetap modis.
  4. Tidak mengumbar emosi
    Ketika seseorang sedang hamil, maka akan terjadi pergantian beberapa hormon dalam tubuhnya, dari yang aktif menjadi tidak aktif begitu juga sebaliknya. Itu juga yang menjadi alasan mengapa sistem kimia tubuh seorang ibu hamil sangat  tidak stabil. Untuk mengatasi emosi yang sedang Anda rasakan, terutama rasa marah, sedih dll. Segera cari kegiatan yang dapat meredam emosi tersebut. Dengan mengumbar emosi, sama artinya dengan Anda membuang energi tubuh secara sia-sia.
  5. Tidak melakukan terlalu banyak  aktifitas
    Seorang ibu hamil juga sebaiknya tidak melakukan terlalu banyak aktivitas. Jika Anda adalah seorang pekerja, ada baiknya jika bekerja seperti biasa, tidak membawa beban berat, tidak bekerja hingga larut malam, dll. Ketika seseorang hamil, maka secara otomatis tenaganya dibagi menjadi 2 antara energi untuk kebutuhan sehari-hari dan energi untuk pembentukan janin yang ada dalam kandungan. Dengan beristirahat dengan cukup, maka energi akan terfokus pada janin.
  6. Tidak boleh stress
    Satu hal yang paling sulit dihilangkan atau dihindari ketika hamil adalah stress. Hal ini memang wajar, karena selama manusia hidup selalu ada saja masalah yang terjadi. Akan tetapi ketika seorang ibu hamil stress, maka hal ini akan sangat berdampak pada kesehatan dan juga perkembangan janin. Jika tidak diatasi dengan baik, bisa saja bayi akan mengalami sungsang, ketika hendak lahir.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil, selama menjalani kehamilannya.