buah-buahan

Buah memang sangat baik untuk kebutuhan tubuh kita karena banyak mengandung mineral dan vitamin lainnya yang sangat bagus untuk dikonsumsi apalagi untuk kebutuhan  ibu hamil. Ibu hamil harus memenuhi diet seimbang setiap hari nya untuk memenuhi kebutuhan dirinya dan janin didalam kandungannya agar tetap sehat. Pada saat hamil, wanita sangat suka untuk memakan yang segar-segar seperti buah-buahan. Tapi perlu bunda tahu tidak semua buah baik untuk dikonsumsi di masa kehamilan, karena masa kehamilan adalah masa yang sangat rentan untuk ibu dan janin yang ada didalam kandungan terhadap virus, bakteri atau senyawa tertentu. Seperti halnya pada buah-buahan tertentu yang tidak boleh ibu hamil makan karena kandungan zat-zat tertentu yang bisa membahayakan ibu hamil. Berikut buah-buahan yang harus ibu hamil hindari / tidak boleh dimakan :

  • Durian
    Durian sebenarnya banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi bagi beberapa ibu hamil durian akan menyebabkan resiko yang tidak baik bagi kesehatan. Durian bersifat panas saat didalam perut dan juga mengandung kadar alcohol. Tidak hanya buruk bagi orang hamil, orang biasa saja apabila makan durian berlebihan mereka akan merasa pusing. Lebih lanjut tentang ibu hamil makan durian klik disini
  • Nanas muda
    Nanas memang mengandung vitamin yang tinggi akan tetapi nanas mengandung zat bromelain yaitu zat yang bisa melemahkan leher rahim yang bisa menyebabkan rahim kontraksi terutama pada trimester pertama. Zat bromelain sangat banyak terkandung pada nanas muda. Untuk mengetahui lebih tentang ibu hamil makan buah nanas klik disini
  • Pepaya muda
    Pepaya juga termasuk dalam buah yang harus dihindari oleh ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran. Terutama pada kehamilan trimester ketiga ibu hamil tidak boleh makan pepaya muda, mentah atau setengah matang karena mengandung lateks atau getah, yang bisa memicu rahim kontraksi. Akan tetapi buah pepaya yang telah matang bagus untuk dikonsumsi asalkan dikupas dulu kulitnya.
  • Nangka
    Mengkonsumsi buah nangka berlebihan bisa membuat perut kembung, panas dan menghambat proses pencernaan. Hal ini tidak baik untuk ibu hamil, agar kesehatan bunda dan bayi dalam kandungan terjaga lebih baik jangan konsumsi nangka terlebih dahulu.
  • Buah yang tidak dicuci
    Untuk ibu hamil hindarilah buah yang belum dicuci karena buah yang belum dicuci masih mengandung pestisida dan zat yang lainnya yang berbahaya untuk kehamilan. Tidak hanya untuk buah saja untuk jenis makanan yang lainnya juga penting untuk menjaga kebersihannya karena masa kehamilan sangat rentan akan zat-zat tertentu yang bisa membahayakan kehamilan. Baca lebih lanjut tentang makanan yang harus dihindari saat hamil klik disini

Meskipun ada beberapa wanita hamil yang tidak apa-apa memakan buah-buahan tersebut tetapi alangkah baiknya bunda menghindari atau tidak memakan dulu buah-buahan tersebut agar kehamilan bunda lancar, sehat dan aman. Karena kondisi kehamilan wanita yang satu dengan lainnya berbeda. Bunda harus konsultasikan setiap keadaan kepada dokter. Masih banyak buah-buahan yang bisa memenuhi diet seimbang kehamilan bunda. Jadi utamakanlah kesehatan bunda dan janin yang ada dalam kandungan.

Semoga daftar buah yang harus dihindari ibu hamil diatas bisa membantu bunda. selamat menikmati masa kehamilan yang menakjubkan.