Cara agar janin cepat masuk ke rongga panggul
Cara agar janin cepat masuk ke rongga panggul

Pada usia kehamilan trimester ketiga membuat ibu hamil merasa sangat berhati-hati dan tak sabar untuk menyambut sang buah hati lahir ke dunia. Tentu anda juga sudah menyiapkan beberapa persiapan untuk menyambutnya, baik itu siap mental maupun material. Nah, buat anda ibu hamil yang usia kehamilannya sudah memasuki minggu 3, apakah posisi sudah siap dengan posisi kepala di bawah dan masuk ke rongga panggul? Jika belum ibu jangan khawatir, ibu bisa melakukan beberapa tips dibawah ini yang bisa membantu mempercepat janin mauk ke rongga panggul. Berikut caranya :

cara Agar mempercepat janin mauk ke rongga panggul

  1. Ibu hamil rajin berolahraga
  • Ibu bisa melakukan gerakan jongkok berdiri
    Lakukanlah secara rutin setiap pagi dan sore dengan cara berpegangan di tempat tidur atau sesuatu yang kuat menahan beban badan ibu. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 – 8 hitungan.
  • Ibu bisa mengikuti kelas senam hamil
    instruktur senam pasti akan membimbing ibu dalam melakukan gerakan untuk membantu mendorong bayi masuk rongga panggul.
  • Olahraga jalan kaki
    Olahraga ringan seperti jalan kaki ini juga mampu untuk mendukung gerakan bayi masuk rongga panggul. Lakukanlah selama 30 menit setiap hari.
  1. Ibu hamil sering nungging
  • Lakukanlah posisi nungging untuk memutar posisi kepala janin, bahkan hingga masuk panggul. Atur posisi nungging dengan dada menempel pada matras atau kasur, miringkan wajah, dan lebarkan kaki. Lakukan posisi ini sebanyak 2 kali sehari selama 10–15 menit.
  • Ibu bisa melakukan kegiatan mengepel lantai dengan cara jongkok, hal ini bisa juga mempercepat bayi masuk ke rongga panggul.
  • Ibu bisa melakukan gerakan sujud seperti dalam shalat. Dengan melakukan gerakan ini juga bermanfaat agar posisi si bayi masuk ke rongga panggul.
  1. Ibu mengajak bicara janin di dalam kandungan
    Dengan sering mengajak bicara janin di dalam kandungan juga bisa membantu proses janin masuk ke rongga panggul. Karena komunikasi yang terjalin antara ibu dan janin di dalam kandungan bisa mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Oleh karena itu, ibu bisa meminta bayi ibu di dalam kandungan agar mau masuk ke rongga panggul sebagai jalan lahirnya. Lakukanlah dengan cara mengelus perut ibu dan sambil berbicara kepadanya. Seperti “ ayo dek, bantuin bunda ya cari jalan lahir agar kamu bisa lahir dengan normal dan cepat, bunda tidak sabar ingin melihatmu sayang..”

Untuk mengetahui bayi sudah masuk ke rongga panggul atau belum ibu bisa melakukan USG ke dokter kandungan. Biasanya bidan atau dokter juga bisa mengetahui posisi bayi dengan cara meraba perut anda. Untuk anda sendiri perlu mengetahui tanda-tanda yang bisa dirasakan ketika bayi anda sudah masuk ke panggul, seperti berikut tanda-tandanya :

  • Susah buang air besar
  • Tidak nyaman pada bagian panggul bagian bawah
  • Buang air kecil semakin sering

Apabila kehamilan anda sudah memasuki 35 minggu sebaiknya periksakan ke dokter agar anda mengetahui posisi bayi dan anda pun bisa mempersiapkan untuk persalinan normal. Mengetahui posisi bayi sudah masuk ke rongga panggul adalah sangat penting karena apabila sudah siap dengan posisi itu maka persalinan bisa berjalan dengan normal dan cepat. Semoga cara agar janin cepat masuk ke rongga panggul tadi bisa membantu. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu…