image source : www.dailymail.co.uk
image source : www.dailymail.co.uk

Kehamilan adalah masa yang sangat menakjubkan bagi seorang wanita. Pada masa ini, rasa keibuan sudah mulai keluar, ingin semua yang terbaik untuk anak kita di dalam kandungan. Memenuhi asupan nutrisi sang buah hati tentu menjadi kebanggan dan kepuasaan tersendiri karena mengingat si janin ada di dalam rahim kita. Memilih makanan yang sehat tentu menjadi suatu kewajiban kita agar bayi didalam kandungan terpenuhi segala asupan  nutrisinya. Banyak ibu hamil yang memilih untuk mengkonsumsi susu sebagai salah satu cara mereka memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi sang ibu maupun janin didalam kandungan. Mungkin anda bingung sebenarnya apa susu yang terbaik bagi ibu hamil? Apalagi begitu banyak merk produk susu yang ada di pasaran dan sering di iklankan  di televisi maupun media – media yang lainnya yang  membuat semakin bingung ibu hamil dalam memilih. Mungkin teman anda juga menganjurkan untuk membeli merk susu ibu hamil tertentu yang membuat anda semakin bingung apakah itu sudah yang terbaik atau belum. Nah, kalau begitu apa saja kriteria susu yang baik untuk ibu hamil? Berikut tips memilih susu terbaik untuk ibu hamil :

  • Ibu hamil sebaiknya minum susu yang telah dipasteurisasi. Ada banyak produk susu di toko yang sudah dipasteurisasi, oleh karena itu anda harus pastikan dengan cek label pada kemasan agar lebih aman.
  • Jika anda mendapati susu yang belum dipasteurisasi maka sebaiknya rebuslah susu tersebut sebelum diminum.
  • Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi susu kambing yang tidak dipasteurisasi dan produk yang terbuat dari susu kambing seperti keju kambing.
  • Kenapa memilih susu yang telah dipasteurisasi ? karena susu yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung bakteri listeria yaitu bakteri yang bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, cacat dan mengidap suatu penyakit yang parah setelah dilahirkan.
  • Untuk keju keras / keju olahan seperti keju parmesan atau cheddar tidak ada resiko terdapat listeria dalam keju tersebut jadi anda tidak apa-apa mengkonsumsinya
  • Saat ini sudah semakin banyak susu yang mempunyai variant rasa yang bermacam-macam, maka pilihlah rasa yang paling anda suka untuk menghindari rasa mual dan muntah, yang menjadi salah satu masalah kebanyakan ibu hamil.

Selain susu yang sudah dipasteurisasi, ibu hamil harus cermat dalam memilih susu. Susu yang bagus untuk ibu hamil harus memenuhi kandungan zat-zat nutrisi sebagai berikut :

  • Kalsium
    Pada umumnya produk susu dipasaran mengandung 275 mg kalsium per cangkir atau anda bisa melihat pada kemasannya. Untuk ibu hamil dibutuhkan kalsium sekitar 1200 mg kalsium setiap harinya. Kalsium sangat dibutuhkan untuk ibu hamil karena apabila ibu hamil kekurangan kalsium maka tubuh akan mengambil dari tulang ibu untuk memenuhi kebutuhan janin.
  • Asam folat
    Vitamin yang satu ini sangat penting untuk ibu hamil, karena asam folat dapat mencegah bayi lahir cacat. Kebutuhan asam folat ibu hamil per harinya adalah 400-800 mcg. Apabila anda mengkonsumsi asam folat tambahan maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda.
  • DHA
    Produk susu ibu hamil pada umumnya sudah mengandung DHA. Asam lemak esensial yang satu ini sangat diperlukan oleh janin untuk perkembangan otak janin yang mana bisa mencerdaskan anak.
  • Zat besi
    Selama masa kehamilan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membentuk sel-sel darah merah yang sangat meningkat kebutuhannya sehingga mencegah anemia dan mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang.
  • Vitamin D
    Susu ibu hamil harus mengandung vitamin D untuk memenuhi kebutuhan janin yaitu membantu pertumbuhan tulang janin.

Nah itulah beberapa cara memilih susu untuk ibu hamil. Walaupun banyak ibu hamil banyak memilih susu salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu maupun janin akan tetapi nutrisi dari makanan tentu yang paling utama, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, apabila ada keluhan segera konsultasikan kepada dokter dan salam sehat selalu…