ibu hamil ngidam

Pada masa kehamilan banyak wanita hamil yang mengalami ngidam terutama pada trimester pertama kehamilan. Ngidam sendiri ditandai dengan adanya keinginan ibu hamil untuk melakukan sesuatu yang tak lazim seperti halnya ingin makan makanan yang asin, asem atau yang tak biasa.

Walaupun ngidam dianggap sepele, tetapi sebenarnya ngidam memelukan perhatian khusus. Karena ada beberapa wanita hamil yang ngidam diluar kebiasaan yang bisa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain.

Berikut tips dalam menghadapi rasa ngidam pada ibu hamil :

  1. Menjaga gaya hidup
    Walaupun bunda sedang hamil, bunda harus tetap menjaga kebugaran tubuh. Rajinlah berolahraga yang ringan-ringan saja agar metabolisme dan peredaran darah lancar. Istirahat yang cukup dan tidur yang berkwalitas (nyenyak)
  1. Menjaga pola makan
    Agar rasa mual berkurang, makanlah dengan porsi yang sedikit tapi sering, dan hindari makanan yang beraroma tajam, makanan yang berminyak, minuman yang mengandung kafein tinggi. Dan sebaiknya bunda perbanyak minum air putih atau jus buah.
  1. Mengkonsumsi makanan bernutrisi
    Pastikan kebutuhan nutrisi bunda tercukupi seperti protein, karbohidrat, vitamin, serat dan mineral. Bunda bisa saja ngidam sesuatu untuk mengurasi rasa pusing dan mual pada trimester pertama. Karena pada masa kehamilan ini biasanya produksi air liur meningkat dan timbul rasa yang tidak biasa pada lidah yang menyebabkan bunda menginginkan makanan tertentu seperti yang asin atau asem-asem. Terkadang juga ibu hamil ngidam sesuatu di luar kebiasaan. Tapi harus bunda ingat selalu, apapun yang ingin bunda makan harus memperhatikan kesehatan bunda dan janin didalam kandungan.
  1. Mempersiapkan mental menghadapi kehamilan
    Masa kehamilan akan menyebabkan perubahan pada tubuh bunda, seperti badan tambah gemuk, perut membuncit dan keluhan lainnya seperti mual, pusing, muntah dan juga sembelit. Persiapkan benar-benar mental bunda agar bunda tidak merasa tertekan dan stres. Alihkan perhatian bunda ke hal-hal yang positif. Jalani kehamilan bunda dengan perasaan bahagia agar janin di dalam kandungan pun merasa nyaman.

Demikian beberapa cara mengatasi ngidam pada ibu hamil, semoga bisa bermanfaat dan membantu.