image

Bunda jangan membandingkan berat badan bayi bunda dengan bayi teman, tetangga atau bayi-bayi ibu yang lain yang terlihat lebih chubby ataupun lebih montok. Membandingkan bayi sendiri dengan bayi yang lainnya bukanlah hal yang tepat malah bisa membuat bunda khawatir. Bayi lahir dengan ukuran dan ciri yang berbeda-beda, rata-rata berat badan bayi yang baru saja lahir berkisar diantara 2,5 – 4,5 kg. ukuran dan berat badan bayi bisa ditentukan berdasarkan keturunan orang tuanya, kesehatan ibu dan asupan nutrisi yang bunda konsumsi selama kehamilan. Dan perlu bunda ketahui, berat badan bayi yang baru saja lahir bukanlah yang terpenting dalam pertumbuhannya. Yang paling penting ialah berapa berat badan yang bisa dicapai setelah dilahirkan.

Oleh karena itu bunda jangan khawatir ataupun galau, daripada bunda galau karena melihat bayi ibu-ibu yang lain, lebih baik bunda melihat pada grafik pertumbuhan bayi yang bersumber dari WHO untuk memantau berat badan dan panjang bayi si kecil setiap bulannya dengan kartu menuju sehat / KMS yang bisa bunda dapatkan di posyandu atau dokter spesialis anak (DSA). Menurut WHO yang disebut dengan berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam  range 5,1 kg sampai 8,0 kg dan untuk berat badan ideal anak 3 tahun adalah 11,4 kg sampai 18 kg.

Berikut cara menghitung berat badan bayi ideal :

  1. Anak usia dibawah 12 bulan : BBI = ( n : 2 ) + 4 atau (umur (bulan) : 2 ) + 4
    • Bayi usia 1 – 6 bulan bisa menggunakan rumus = BBL (gr) + (usia x 600 gram)
    • Bayi usia 7-12 bulan bisa menggunakan rumus :
      • BBL (gr) + (usia x 500 gram )
      • (usia/2) +3
  2. Anak usia 1 – 10 tahun : BBL = ( 2 x n ) + 8 atau ( 2 x umur (tahun) ) + 8

Contoh :

Anak berusia 2 tahun 9 bulan , ditulis dengan n = 2,9 dan selanjutnya dikali dengan 2 ( sesuai rumus 2n), jadi hasilnya ialah 4,18.

Hasil ini jangan langsung saja ditambah dengan 8, karena 4,18 diartikan 4 tahun 18 bulan ,18 bulan artinya 1 tahun 6 bulan, jadi 4 + 1,6 = 5,6

 

4,18 berubah menjadi 5,6 baru kemudian ditambah dengan 8. Jadi berat badan idealnya adalah 13,6 kg.

*BBL yaitu Berat Badan Lahir usia dinyatakan dalam bulan

Tetap semangat ya bunda, yang terpenting bayi bunda tetap terpenuhi asupan nutrisinya agar selalu sehat, pertumbuhannya bagus dan tetap pada garis hijau pada KMS, jangan membandingkan berat ideal bayi yang lain.