tips atasi nafsu makan

Sering ibu hamil mengalami kehilangan nafsu makan pada masa kehamilannya karena perubahan hormon yang terjadi pada tubuhnya. Memang wajar hal ini terjadi. Akan tetapi, apabila hal ini dibiarkan saja maka akan mengganggu kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Ibu hamil yang membiarkan dirinya tidak makan maka akan berdampak pada tubuh yang tidak mendapat cukup nutrisi sehingga tubuh akan mudah sakit seperti sakit kepala, sembelit, tulang mudah nyeri, pendarahan pada gigi dan gusi, dll. Sedangkan pada janin akan berdampak terganggunya sistem kekebalan tubuh, dan menghambat pertumbuhan janin. Untuk itu akan lebih baik jika ibu mau mencari cara agar nafsu makan kembali lagi, agar terjaga nutrisi ibu dan janin. Berikut beberapa tips yang bisa ibu coba untuk meningkatkan nafsu makan anda :

  1. Motivasi diri anda
    Tanamkan pada diri anda bahwa anda adalah ibu yang baik bagi janin anda, yang akan memberikan yang terbaik untuknya, dan akan selalu berusaha  menjadi ibu yang bertanggung jawab dan sayang kepada janin dan akan memenuhi semua kebutuhan janin dengan memberikan nutrisi yang tercukupi. Karena jika nutrisi anda tercukupi maka janin didalam kandungan anda pun akan tumbuh dengan baik dan sehat.
  1. Mengatur pola makan
    Mual dan muntah saat hamil memang sering dialami oleh ibu hamil, hal ini juga menyebabkan hilangnya nafsu makan. Tetapi, ibu harus melawan kondisi seperti ini demi janin yang ada didalam kandungan anda. Ubahlah pola makan anda dengan membiasakan diri untuk makan dengan porsi kecil namun sering. Jangan biarkan anda merasa lapar, perbanyak makan camilan sehat seperti buah-buahan dan sayur.
  1. Mengatur menu makan
    Agar nafsu makan tidak hilang anda bisa mencoba cara ini :Hindari mengkonsumsi makanan pedas dan panas, Perbanyak makan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur, Perbanyak cairan tubuh dengan minum air putih atau jus buah, Minumlah susu rendah lemak / susu khusus ibu hamil.
  1. Hindari pencetus mual
    Sering ibu hamil mual dan muntah karena disebabkan oleh faktor makanan yang memiliki citarasa dan aroma yang menyengat. Sehingga membuat ibu hamil tidak nafsu makan. Seperti ikan misalnya, Anda bisa menyiasati dengan memasak sedikit bervariasi agar tidak menyebabkan anda mual.
  1. Hindari stres
    Kondisi psikologis juga bisa merangsang timbulnya rasa mual dan muntah sehingga menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Oleh karena itu usahakan pikiran anda terbebas dari stres.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan anda saat hamil. Ingat ibu harus memikirkan janin yang ada didalam kandungan, penting bagi janin untuk mendapatkan nutrisi yang cukup melalui apa saja yang dimakan oleh ibu. Untuk itu berusahalah memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.