Little girl brushing her teeth

Bunda kesusahan membujuk sang buah hati untuk sikat gigi? Banyak memang balita yang tidak mau kalau disuruh membersihkan giginya, apalagi untuk anak yang masih bayi, banyak ibu muda yang kesulitan membersihkan gigi bayinya.

Bunda harus pintar mencari cara agar bisa membersihkan dan merawat gigi anak nya. Nah cobalah cara berikut ini, merawat gigi sang buah hati tanpa menggunakan sikat gigi.

  1. Batasi bayi mengkonsumsi jenin minuman yang bermacam-macam. Baiknya bunda hanya memberikan asi, susu formula atau air putih saja.
  2. Memakan buah secara langsung akan lebih baik dari pada meminum dalam bentuk jus. Apabila anak tetap menginnginkan dalam bentuk jus baiknya jangan menggunakan botol susu dan berikan pada waktu makan saja.
  3. Pada waktu bayi sudah mencapai umur 1 tahun, apabila minum susu formula maka berikan air putih sesudahnya untuk membersihkan gigi dan berikan air putih menjelang tidur.
  4. Saat memberikan makan untuk si kecil jangan menambahkan gula pada makanannya.
  5. Bila bunda membeli makanan instan perhatikan komposisinya. Laktosa, glukosa dan sukrosa merupakan gula yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.

Melihat gigi buah hati kita sehat, hati bunda akan lebih senang, Anak tidak mudah sakit gigi. Tetapi bunda harus tetap memeriksakan gigi si kecil ke dokter setiap 6 bulan sekali. Agar gigi lebih terawat dan sehat, dan si kecil bisa senyum ceria.

Semoga bermanfaat