IBU HAMIL

Saat ini bunda sedang hamil? .. pasti bunda merasa sangat senang sekaligus khawatir dengan kehamilan bunda saat ini, apalagi untuk yang baru pertama kali. J. Bunda tidak perlu khawatir, lebih baik bunda cek kesehatan bunda dan bunda paling tidak mengetahui beberapa tanda-tanda kehamilan sehat dan normal berikut ini :

  • Tekanan darah dan kadar gula
    Dalam kehamilan yang sehat dua hal tersebut adalah sangat penting untuk diketahui.  Karena untuk mengetahui apakah bunda mengalami perubahan yang drastis pada dua hal tersebut, karena dikhawatirkan apabila terlalu berlebihan bisa memicu preeclampsia yang bisa menyebabkan wanita hamil melahirkan prematur.
  • Pertumbuhan janin di dalam kandungan
    Agar kondisi janin di dalam kandungan aman, akan lebih baik apabila bunda melakukan pemeriksaan USG agar diketahui kondisi air ketuban atau apabila terjadi kelainan bisa segera ditangani.
  • Rahim dan plasenta
    Plasenta dan rahim harus dijaga kesehatannya, agar plasenta melekat pada dinding rahim karena pelepasan plasenta akan mengarah pada keguguran.
  • Perut yang membesar
    Dokter kandungan biasanya akan mengukur perut bunda pada saat pemeriksaan agar perkembangan janin didalam kandungan diketahui.
  • Berat badan
    Pada waktu bunda melakukan pemeriksaan rutin biasanya dokter akan menyarankan kenaikan berat badan bunda antara 13 – 15 kg selama masa kehamilan. Jadi bunda harus mengatur pola makan ya..
  • Pergerakan janin
    Pergerakan janin umumnya bisa dirasakan diantara  minggu ke- 8 dan minggu ke-10. Apabila terjadi pergerakan maka janin yang berada didalam kandungan dapat menerima oksigen dengan baik.

Demikian ciri-ciri kehamilan yang sehat pada ibu hamil. Apabila bunda merasakan sesuatu yang tidak wajar maka akan lebih baik konsultasikan pada dokter kandungan anda. Tetaplah menjaga asupan nutrisi dengan baik dan olahraga yang ringan untuk menjaga kesehatan bunda dan bayi didalam kandungan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Salam sehat selalu bunda..