ibu minum

Bagi ibu hamil yang mengalami dehidrasi dalam masa kehamilannya adalah hal yang membahayakan dan berisiko tinggi bagi kehamilannya. Karena sesungguhnya wanita hamil harus minum air lebih banyak dibanding orang biasa karena kebutuhan ibu hamil yang meningkat selama kehamilan, maka setidaknya minum lebih dari 8 gelas setiap harinya. Bagi wanita hamil yang kekurangan air maka mereka akan mengalami dehidrasi.

Berikut tanda-tanda dehidrasi selama kehamilan :

  1. Sakit kepala
  2. Mulut kering
  3. Mual
  4. Konstipasi
  5. Infeksi saluran kemih

Dan apabila ibu hamil mengalami dehidrasi  maka bahaya yang bisa terjadi adalah sebagai berikut :

  • Ibu hamil mudah terkena demam.
    Pada masa kehamilan tubuh wanita hamil akan sering mengeluarkan keringat, jadi untuk mempertahankan tubuh tetap sehat ibu hamil harus minum air lebih banyak. Karena selama masa kehamilan tubuh wanita hamil akan kehilangan kemampuan alaminya untuk melepaskan panas. Karena apabila bunda sakit, bayi di dalam kandungan juga ikut merasakannya.
  • Ibu hamil mengalami sembelit dan produksi ASI yang kurang lancar.
    Dehidrasi yang dialami bisa mengakibatkan penyakit lainnya seperti hal nya sembelit dan juga produksi ASI yang kurang. Kurangnya minum air pada masa kehamilan juga bisa mengakibatkan nyeri pada persalinan bayi prematur dan penurunan volume darah pada ibu hamil yang bisa membahayakan bunda sendiri dan janin di dalam kandungan.
  • Bayi beresiko lahir cacat.
    Dehidrasi selama masa kehamilan bisa menyebabkan bayi terlahir cacat, hal ini dikarenakan kurangnya cairan aminiotic yang berfungsi menjaga bayi tetap di dalam rahim dan tidak bersentuhan secara langsung dengan bagian rahim.

Itulah beberapa tanda, gejala dan bahaya dehidrasi bagi ibu hamil. Dari keterangan diatas maka ada baiknya bunda harus minum air lebih dari 8 gelas agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan kehamilan bisa berjalan dengan lancar dan sehat. Penuhi selalu kebutuhan tubuh selama kehamilan, tetapi ingat jangan minum yang terlalu manis dan terlalu banyak mengandung kafein karena itu tidak baik bagi ibu hamil. Semoga artikel ini membantu ya bunda. Salam sehat selalu…