penghambat asi

Bagi ibu yang baru saja melahirkan pasti ingin sekali memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Salah satunya dengan memberikan asi eksklusif untuk sang buah hati. Asi eksklusif sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir terutama pada 6 bulan setelah dilahirkan. Asi sangat baik untuk pertumbuhan bayi, kecerdasan bayi, sistem kekebalan tubuh hingga kesehatan bayi sangat dipengaruhi oleh pemberian asi.

Banyak ibu hamil yang merasa khawatir dengan masalah asi ini, mereka takut tidak lancar dikemudian hari dan bahkan ibu yang baru saja melahirkan mengalami kendala dalam pemberian asi kepada bayinya karena terhambatnya asi yang tidak lancar bahkan tidak mau keluar.

Akan tetapi sejauh ini belum ada pernyataan resmi tentang makanan yang bisa menyebabkan asi tak keluar atau terhambat. Asi tak keluar atau terhambat, biasanya karena disebabkan beberapa faktor. Berikut faktor-faktor yang bisa menghambat asi menjadi tidak lancar :

  1. Ibu tidak mendapat asupan nutrisi dengan baik, misalnya : ibu menyusui kurang mengkonsumsi makanan bergizi yang bervariasi, khususnya untuk buah-buahan dan sayur-sayuran.
  2. Ibu menyusui kurang istirahat, hal ini bisa menghambat produksi asi.
  3. Ibu menyusui merasa tidak nyaman, takut, emosi, sedih, kesal, gelisah, malu dan ,merasa takut menyusui karena nyeri / sakit saat menyusui juga akan berakibat terhambatnya asi.
  4. Kurangnya kemampuan bayi dalam menghisap asi mengakibatkan payudara kurang mendapat rangsangan yang bisa menghambat keluarnya asi (biasanya pada bayi prematur, mereka mudah lelah untuk menghisap asi)
  5. Kapasitas penyimpanan asi yang sedikit, yang berkaitan dengan jaringan kelenjar fungsional dan tidak berhubungan dengan ukuran payudara ibu.
  6. Gaya hidup ibu menyusui yang kurang sehat juga akan mempengaruhi kelenjar susu yang bisa menyebabkan asi yang dihasilkan tidak memadai.

Apabila ibu mengalami gangguan dalam menyusui atau tidak lancarnya asi yang keluar, bisa berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi banyak orang yang memakai saran keluarganya, meningkatkan produksi asi dengan cara mengkonsumsi daun katuk atau pare, dan ada juga dengan suplemen. Untuk itu cobalah untuk makan – makanan yang bergizi agar asi lancar dan kebutuhan bayi akan asi pun tercukupi. Semoga membantu dan bermanfaat.