ibu-menyusui

ASI ( Air Susu Ibu )  sangat baik untuk bayi yang baru saja dilahirkan. Karena ASI sangat mudah dicerna dan mengandung banyak zat penting untuk tumbuh kembang bayi. Walaupun demikian banyak ibu yang tidak mau menyusui bayinya karena beberapa alasan tertentu  Seperti : takut payudara kendor, takut gemuk, sibuk dan takut penampilan jadi tidak menarik dan mereka lebih memilih untuk memberikan susu formula pada bayinya. Ada juga ibu yang ingin sekali menyusui bayinya tetapi tidak bisa karena ASI nya tidak keluar, produksinya tidak lancar atau bahkan ada masalah pada putingnya.

Bagi ibu yang tetap ingin menyusui bayinya ada beberapa hal yang harus diketahui agar produksi ASI tetap lancar. Hal-hal yang mempengaruhi produksi ASI, diantaranya adalah pengaruh dari hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin ialah hormon yang mempengaruhi produksi ASI dan hormon oksitosin ialah hormon yang mempengaruhi proses keluarnya ASI. Hormon prolaktin sangat berkaitan dengan nutrisi bunda, semakin bunda asupan nutrisinya tercukupi maka produksi ASI yang dihasilkan pun melimpah.

Akan tetapi , untuk mengeluarkan ASI dibutuhkan hormon oksitosin yang kerjanya dipengaruhi oleh hisapan bayi. Semakin sering payudara dihisap oleh bayi maka semakin banyak pula ASI yang dikeluarkan. Produksi ASI tidak hanya dipengaruhi oleh hal itu saja akan tetapi banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI yaitu :

  1. Makanan yang bergizi

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Jika bunda makan makanan yang bergizi secara teratur makan produksi ASI pun akan lancar.

  1. Pola istirahat

Istirahat yang cukup akan sangat baik untuk ibu menyusui karena apabila bunda capek dan kurang istirahat maka produksi ASI juga akan berkurang.

  1. Pikiran dan hati yang tenang ( senang)

Agar produksi ASI bunda lancar, bunda harus bisa mengatur perasaan bunda, apabila hati bunda senang maka produksi ASI akan lancar. Jika bunda merasa sedih atau tertekan maka produksi ASI akan menurun.

  1. Alat kontrasepsi

Bunda harus memperhatikan penggunaan alat kontrasepsi karena hal ini juga mempengaruhi produksi ASI. Alat kontrasepsi yang baik untuk ibu menyusui yaitu : kondom, Pil khusus ibu menyusui atau suntik 3 bulanan.

  1. Perawatan payudara

Dengan merawat payudara secara teratur maka hal ini bermanfaat merangsang payudara mempengaruhi hipofise untuk mengeluarkan hormon prolaktin dan oksitosin.

  1. Anatomis payudara

Bentuk putting payudara juga mempengaruhi dalam menyusui sehingga berpengaruh pada produksi ASI.

  1. Frekuensi penyusuan

Semakin sering bayi bunda menyusu, maka semakin banyak produksi ASI yang dikeluarkan.

  1. Berat lahir bayi

Pada bayi berat lahir rendah  kemampuan hisapnya lebih rendah dari pada bayi normal. Kemampuan hisap ini mempengaruhi stimulasi hormon prolaktin dan oksitosin dalam memproduksi ASI.

 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi prroduksi ASI, semoga informasi diatas bisa membantu bunda. Salam sehat selalu..