Gizi yang Membantu dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak

Apakah Anda ingin mengetahui mengenai gizi balita yang membantu dalam meningkatkan kecerdasan anak yang sebaiknya kita ketahui? Anak yang cerdas didukung dengan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup dan faktor genetik. Untuk itu makanan yang baik dan mengandung gizi yang banyak harus diketahui para ibu yang memiliki anak balita. Beberapa jenis makanan yang bernutrisi baik adalah makanan yang ada sehat yang mengandung berbagai jenis kandungan nutrisi. Dengan memberikan nutrisi yang banyak pada periode awal perkembangan yaitu usia balita akan menstimulasi kecerdasan otak anak Anda. Untuk itu untuk lebih jelasnya alangkah baiknya apabila Anda mengetahui mengenai jenis nutrisi atau gizi balita yang membantu dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Adapun gizi balita yang membantu dalam meningkatkan kecerdasan anak yaitu

AA dan DHA

Jenis nutrisi ini adalah lemak esensial yang sangat dibutuhkan tubuh dan tidak bisa dihasilkan oleh tubuh dari dalam. Sehingga hanya bisa didapatkan dari makanan yang terdapat diluar yang biasanya terkandung di beberapa jenis ikan salmon, mackarel, daging, tuna dan masih banyak lainnya. AA dan DHA ini apabila dikonsumsi secara cukup pada usia anak usia balita akan membantu dalam meningkatkan kecerdasan dan pembentukan cabang sel syaraf lainnya.

Asam lemak omega 3,6 dan 9

Asam lemak omega 3, 6 dan 9 ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh balita Anda. Hal ini karena menurut penelitian yang dilakukan apabila anak-anak diberikan nutrisi ini saat ujian maka akan mendapatkan hasil ujian yang baik dan membantu dalam mengatur perilaku anak. Maka tak aneh apabila nutrisi yang baik ini digunakan untuk membantu terapi anak yang memiliki masalah hiperaktif, gangguan mental, depresi dan masih banyak lainnya. Beberapa jenis makanan yang mengandung omega 3 yaitu ikan salmon, tuna, kacang walmut, sayuran berdaun hijau dan masih banyak lainnya. Untuk contoh makanan yang mengandung omega 6 yaitu minyak jagung, minyak kedelai, biji bunga matahari dan minyak canola. Sedangkan contoh makanan yang mengandung omega 9 yaitu minyak zaitun.

Tyrosine

Zat tyrosine ini adalah jenis asam amino yang sangat penting. Kandungan nutrisi ini akan membantu anak dalam proses pengendalian diri, konsentrasi anak, emosi dan perilaku anak. Tyrosine ini terdapat pada keju, hati ayam, alpukat, pisang, ragi dan daging.

Vitamin B

Konsumsi beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B yang dapat membantu dalam meningkatkan perkembangan otak. Apabila Anda sering lupa maka biasanya hal ini diakibatkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Pada vitamin B komplek banyak terdapat pada daging, telur dan bayam. Biasanya apabila seseorang kekurangan vitamin B maka biasanya akan dirasakan berubahnya suasana hati, kerusakan syaraf, kehilangan memori dan keterlambatan mental. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung vitamin B yaitu daging sapi, kambing, domba, ikan, wortel, kacang-kacangan dan biji bunga matahari.

Zat besi

Anak balita akan lebih baik untuk memperbanyak makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi akan memberikan dampak positif berupa peningkatan kecerdasan atau IQ, menghindari anemia dan masih banyak lainnya. Beberapa asupan makanan yang mengandung zat besi yaitu bayam, telur, daging sapi, kacang kedelai, kacang lentil dan masih banyak lainnya. Dengan memperhatikan mengenai gizi balita akan membuat anak Anda semakin sehat dan cerdas.