ibu menyusui

Ibu menyusui wajib tahu beberapa hal ini. Utamanya bagi mereka yang baru jadi ibu muda dan sedang menunggu proses kelahiran buah hati. Lazimnya, Anda seorang ibu muda mengumpulkan beragam informasi penting dan menarik seputar ASI, menyusui dan sebagainya.

Dari informasi tersebut, Anda bisa melakukan persiapan dan siap memberikan ASI eksklusif saat si kecil lahir. Kumpulkan banyak informasi tersebut saat masih hamil Karena Anda tak aka punya banyak waktu untuk mencari info saat buah hati telah lahir ke dunia.

Para pakar kesehatan kerap menginformasikan bahwa menyusui adalah cara terbaik dalam memberikan makanan untuk bayi baru lahir. Ibu harus berkomitmen memberikan ASI ekslusif hingga bayi cukup umur untuk makan dan minum. Nah, selama proses menyusui itu Anda akan mengalami hal-hal di bawah ini. Tak perlu risau, karena hal beriku umum terjadi, di antaranya:

Menyusui Tak Semudah Kelihatannya

Menyusui buah hati memang hal alami, tapi pelaksanaannya tidak segampang itu. Ada tata cara bagaimana menyusui dengan tepat dan aman untuk si kecil. Hal ini pun kadang masih susah dilakukan ibu yang sudah punya 3 anak. Naluri ibu dan pengetahuannya akan ASI harus benar-benar dipraktikkan, demi memberikan yang terbaik untuk bayinya.

Selain itu, Anda yang masih awam perlu tahu bahwa menyusui itu menyakitkan. Ibu harus tangguh menghadapi tekanan setiap akan memberikan ASI. Menahan rasa sakit dan memastikan posisi bayi yang benar adalah prioritas utama ibu. Jadi rasa sakit itu sudah jadi hal biasa seiring perjalanan waktu ibu menyusui.

Membutuhkan Banyak Dukungan

Anda pasti pernah mendengar atau mengalami sendiri kondisi dimana ASI tidak mau keluar. Di beberapa kasus ada yang ASI-nya mendadak berhenti atau sudah habis. Hal ini kerap terjadi dan Anda butuh konsultasi dengan dokter Anda.

Namun, umumnya ASI berhenti karena ibunda mengalami stres. Itulah kenapa seorang ibu membutuhkan banyak dukungan dari orang-orang tercinta dan lingkungan sekitarnya. Mulai dari suami, keluarga, teman, rekan kerja hingga dokter.

Hambatan Ibu Menyusui di Tempat Umum

Ketika berada di rumah tentu sangat mudah memberikan ASI ekslusif tepat waktu. Tapi lain halnya bila Anda sedang berpergian atau sedang berada di lokasi umum. Tidak semua tempat menyediakan fasilitas umum untuk ibu menyusui. Sedangkan Anda memerlukan privasi untuk memberikan ASI pada si kecil.

Ini hambatan yang banyak dialami dan perlu Anda temukan solusinya. Misalnya menyediakan ASI dalam botol sementara waktu. Jika harus menyusui langsung jangan memilih toilet. Itu kotor dan lebih dianjurkan mencari tempat terbuka yang bersih.

Namun diluar kesusahan dan rasa sakit di atas ibu menyusui membawa banyak manfaat. Studi terbaru menemukan bahwa ibu menyusui jauh lebih berpeluang terhindar dari kanker dan diabetes. Dalam jurnal yang dimuat di Annals pf Internal Medicine mengatakan kegiatan menyusui membuat tubuh sang ibu mengalami peningkatan metabolisme hingga sensitivitas insulin.

Begitu juga dengan hasil studi yang dimuat di Annals of Oncology. Di sana menyebutkan ibu menyusui lebih renda terkena beberapa jenis kanker payudara. Hasil dari studi ini tentu sangat bermanfaat bagi ibu yang khawatir saat waktu menyusui tiba.

Menurut dr Marjorie Greenfield, profesor kebidanan dari Cleveland, Ohio mengatakan penemuan hasil studi ini bisa memotivasi ibu untuk memberikan ASI ekslusif. Ketika ibu menyusui dalam jangka waktu lama, maka setahun masa menyusui bisa menurunkan risiko terkena kanker hingga 4,3 persen. Berikan yang terbaik untuk buah hati dan tetap relaks ketika Anda jadi ibu menyusui.