menyusui

Setiap wanita yang melahirkan pada dasarnya bisa memberikan ASI kepada bayi nya. Tetapi ada juga beberapa wanita yang susah untuk keluar ASI nya .Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya, bunda yang setelah melahirkan tidak langsung memberikan ASI nya kepada bayinya atau tidak melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini)  maka ASI akan susah keluar. Apabila hal ini terjadi pasti kebanyakan dari orang tua bunda memberikan saran untuk mengkonsumsi makanan yang bisa memperlancar produksi ASI seperti hal nya pare dan daun katuk. Hal itu boleh saja dilakukan tapi ..bunda harus tahu mengenai ASI itu sendiri.

Berikut cara kerja dan prinsip ASI :

Cara kerja ASI

Sebenarnya ASI berkaitan dengan suasana hati bunda. Jika bunda merasa stress maka ASI bunda akan keluar sedikit. Cara kerja ASI yaitu dengan melalui hisapan bayi yang menstimulai otak bunda agar memproduksi hormon prolaktin dan Oksitoksin. Hormon prolaktin sendiri mempunyai peran untuk mencegah produksi sel telur yang dapat diandalkan sebagai KB alami, dan hormon Oksitosin ini berperan untuk mengeluarkan ASI. Jadi apabila bunda ingin ASI bunda lancar maka sebaiknya bunda meningkatkan hormon oksitosin ini karena produksi ASI berhubungan dengan suasana hati bunda. Jadi bunda harus selalu menjaga perasaan bunda agar tetap merasa senang. Perasaan senang ini yang bisa meningkatkan produksi hormon oksitosin yang secara langsung memperlancar ASI bunda. Hormon oksitosin bisa dirangsang dengan pendengaran, pikiran,sentuhan dan penghilatan.contohnya saja dengan bunda mendengarkan musik atau menonton film favorit dan hal lainnya yang bisa membuat hati bunda merasa senang.

Prinsip ASI

Prinsip ASI yaitu semakin banyak dikeluarkan (dikosongkan payudara bunda) maka akan semakin banyak pula produksinya. Jadi bunda, susuilah bayi bunda sesering mungkin agar produksinya semakin lancar.tapi ingat ya bunda menyusui langsung dari payudara bunda lebih baik karena hal ini akan merangsang hormon oksitoksin dan juga dengan menyusui langsung bisa mempererat ikatan antara bunda dengan bayi bunda. Dan juga makanlah dengan selalu menyertakan sayuran, buah-buahan dan minum air yang banyak.

Jadi, Jaga selalu hati bunda agar selalu merasa senang dan tetap semangat menyusui bayi bunda ya..salam sehat selalu..:)