ibu hamil hipertensi

Masa kehamilan memang masa yang sangat menakjubkan, mendebarkan dan merupakan masa dimana asupan nutrisi dan kegiatan harus dijaga selalu. Mengapa demikian? Karena tidak menutup kemungkinan ibu hamil juga bisa terserang penyakit apabila tidak mendapat asupan nutrisi dan olahraga yang tepat.

Pada masa kehamilan ini, ibu hamil juga bisa terserang penyakit atau gangguan yang bisa menyebabkan kehamilan menjadi lebih beresiko, hipertensi misalnya. Hipertensi atau darah tinggi ini bisa menimpa siapa saja dan terjadi setiap saat apabila tekanan darah mencapai diatas 140/90 mmHG. Hipertensi pada ibu hamil bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil itu sendiri dan juga janin yng masih didalam kandungan.  Hipertensi ini bisa menyebabkan masalah-masalah pada kehamilan seperti berikut ini:

  1. Menurunkan produksi air seni pada janin sehingga bisa menyebabkan berkurangnya jumlah air ketuban
  2. Berkurangnya suplai darah ke plasenta yang bisa menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi jadi berkurang, hal ini bisa mengakibatkan perkembangan janin menjadi lambat dan bayi beresiko lahir dengan berat badan yang kurang.
  3. Hipertensi bisa menyebakan pelepasan plasenta dini dari dinding rahim, kondisi seperti ini menyebakan suplai oksigen ke janin terputus dan ibu hamil bisa mengalami pendarahan.
  4. Ibu hamil bisa mengalami pre-eklampsia dan eklampsia
  5. Terganggunya pertukaran nutrisi pada janin yang bisa membahayakan ginjal janin
  6. Kelahiran prematur
  7. Munculnya penyakit stroke dan jantung setelah kehamilan
  8. Kematian pada janin dan ibu hamil.

Untuk itu ibu hamil harus selalu menjaga kesehatannya, agar ibu dan janin didalam kandungan sehat selalu. Mengetahui bahaya hipertensi seperti diatas, maka ibu harus selalu berusaha untuk menjaga kehamilan dari resiko hipertensi tersebut. Nah, berikut ada cara agar kesehatan ibu dan janin terhindar dari bahaya hipertensi :

  • Nutrisi yang cukup
    Pastikan ibu hamil harus tercukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, protein, mineral, karbohidrat, serat dan memperbanyak makan sayur, buah-buahan, ikan dan minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  • Konsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah
    Apabila tekanan darah anda tinggi, anda bisa mengkonsumsi pisang, jeruk dan ikan. Makanan tersebut juga sangat menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin.
  • Menjaga pola makan
    Ibu hamil bisa mengkonsumsi protein tinggi dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan hidrat arang.
  • Olahraga
    Ibu hamil bisa melakukan olahraga secara rutin seperti renang, yoga atau jalan kaki.
  • Istirahat yang cukup
    Ibu hamil yang kurang tidur atau kurang istirahat yang cukup bisa menyebabkan cepat lelah dan memicu tekanan darah tinggi. Maka istirahatlah yang cukup untuk menjaga kesehatan anda.
  • Hindari stres
    Usahakan pikiran anda tenang dan senang agar tekanan darah tetap normal karena apabila anda merasa stres maka hal ini bisa memicu naiknya tekanan darah.
  • Gaya hidup yang sehat
    Bagi anda yang sedang hamil dan mempunyai kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol. Maka mulai saat ini juga hindarilah. Karena kebiasaan tersebut bisa menyebabkan hipertensi dan akan berdampak buruk pada kesehatan janin didalam kandungan.
  • Rutin periksa ke dokter
    Untuk menjaga kehamilan rajin-rajinlah memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan anda. Dengan melakukan pemeriksaan rutin maka tekanan darah anda akan terpantau, hal ini sangat penting. Apabila setelah diperiksa tekanan darah anda tinggi maka dokter bisa segera melakukan tindakan dengan memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah anda.

Ibu hamil harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya agar ibu dan janin juga sehat, dan semoga cara-cara ibu hamil terhindar dari hipertensi tersebut bisa membantu. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu…