ibu hamil makan banyak

“ makan yang banyak supaya bayi yang ada dalam kandungan sehat ” anda pasti sering mendengar kata-kata tersebut dari orang-orang sekitar yang melihat anda sedang hamil, karena mereka berpikir bahwa wanita hamil butuh makan ekstra karena untuk 2 orang yakni ibu dan bayi dalam kandungan. Bunda, makan banyak bukan berarti sehat untuk bunda dan bayi yang ada dalam didalam kandungan. Peningkatan berat badan yang terlalu tinggi karena terlalu banyak makan hal itu malah tidak berdampak baik.

Memang kebutuhan makan ibu hamil akan naik sekitar 10 – 15%. Akan tetapi bukan berarti ibu hamil harus makan banyak. Kelebihan berat badan karena makan banyak / makan dengan porsi yang tidak seimbang maka hal ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami overweight. Apabila ibu hamil mengalami overweight ditakutkan lemak yang berlebih itu akan menyebabkan plasenta tidak bisa mensuplai oksigen dengan baik sehingga menghambat pertumbuhan bayi, terhambatnya suplai oksigen bisa merusak sel-sel otak sehingga menyebabkan kecerdasan si kecil menjadi kurang. Dan kemungkinan lainnya adalah janin bisa terlahir besar / obesitas dan mengalami gangguan paru-paru. Apabila ibu hamil mengalami overweight maka lebih baik melakukan olahraga ringan secara rutin seperti berenang atau jalan kaki di pagi hari. Tapi ingat ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga yang berat seperti jogging misalnya karena olahraga yang terlalu berat dan keras bisa membahayakan janin.

Pada ibu hamil dengan kondisi overweight harus menjaga pola makan dengan diet seimbang ibu hamil. Hindari makanan yang memicu gula darah tinggi misalnya makanan yang terlalu manis, berlemak dan makanan yang terlalu tinggi kolesterolnya. Konsumsilah makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat baik untuk ibu hamil dan bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Akan tetapi ibu hamil yang kurang asupan makannya akan mengakibatkan ibu hamil mengalami kondisi underweight, underweight pada ibu hamil akan beresiko yaitu terhambatnya pertumbuhan bayi yang bisa mengakibatkan kelahiran premature dan bayi beresiko terlahir cacat. Jadi ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan bergizi selama kehamilan ( diet seimbang ibu hamil) apabila bunda mempunyai kebiasaan merokok dan minum alcohol maka hentikanlah. Perbanyaklah asupan asam folat dan istirahat yang cukup. Untuk ibu hamil yang mengalami underweight peningkatan berat badan yang dianjurkan yaitu 0,5 kg setiap minggu. Mengkonsumsi protein, karbohidrat, asam folat, vitamin dan mineral yang cukup sangat dibutuhkan untuk proses penyerapan nutrisi oleh tubuh sehingga asupan nutrisi ibu pada masa kehamilan bisa terpenuhi.

Pada ibu hamil dengat berat badan normal maka peningkatan berat badan yang dianjurkan lebih kecil yaitu 0,4 kg setiap minggunya.

Jadi jagalah selalu diet seimbang bunda ya agar tidak mengalami overweight maupun underweight.  Konsumsi makanan dengan gizi seimbang akan lebih baik daripada makan terlalu banyak dengan porsi tidak beraturan. Selamat menikmati masa kehamilan yang menakjubkan..