pineapples

Nanas merupakan salah satu buah yang disukai oleh para wanita, karena rasanya yang segar, sedikit asam dan manis, apalagi kalau makannya dicampur dengan sedikit garam jadi ada asinnya. Haha..komplit dah rasanya. Dengan makan buah nanas bisa membuat tubuh kita terasa segar setelah mengkonsumsinya. Yap.. nanas sangat cocok untuk bahan rujak / lotis, apalagi wanita yang suka sekali dengan rujak. Banyak wanita hamil ngidam buah nanas untuk dijadikan rujak karena rasanya yang lengkap itu. Buah nanas juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tapi.. apakah boleh ibu hamil makan buah nanas ?..

Buah nanas mengandung bromelain

Banyak ibu hamil yang sering bertanya ” bolehkah ibu hamil makan buah nanas? “. Buah nanas sebenarnya sangat baik untuk tubuh kita karena kandungan vitaminnya yang tinggi, akan tetapi nanas juga mengandung enzim bromelain yaitu enzim yang mempunyai efek melemahkan leher rahim yang bisa menyebabkan rahim kontraksi. Sedangkan bromelain banyak terkandung pada buah nanas yang masih muda dibandingkan dengan nanas yang sudah matang / tua. Hal inilah yang di khawatirkan apabila ibu hamil mengkonsumsi buah nanas karena biasanya permintaan ngidam ibu hamil kebanyakan pada buah nanas yang muda.

Keguguran dan Diare

Dengan adanya enzim bromelain maka ditakutkan ibu hamil yang makan buah nanas akan mengalami kontraksi dan mengalami keguguran. Jika ibu hamil makan buah nanas dalam jumlah yang berlebihan dampak lainnya yaitu ibu hamil bisa terkena masalah percernaan seperti diare dan mulas yang bisa mengganggu kehamilan bunda karena ditakutkan bunda akan mengalami dehidrasi.

Tidak dilarang asal konsultasi dokter dahulu

Mengkonsumsi buah nanas pada ibu hamil sebenarnya tidak dilarang akan tetapi kita kembali lagi pada kondisi ibu hamil sendiri. Jika dokter anda mengijinkan boleh mengkonsumsi buah nanas setelah melihat kondisi kandungan bunda maka pilihlah buah nanas yang matang dan manis dan makanlah secara tidak berlebihan.

Memang banyak juga ibu hamil yang walaupun makan buah nanas tetap sehat dan tidak mengalami apa-apa  pada masa kehamilannya, akan tetapi juga ada wanita yang hanya makan sedikit saja mereka merasa sakit di perutnya. Hal ini biasanya sering terjadi pada kehamilan trimester pertama Oleh karena itu, kenalilah betul-betul kondisi kandungan bunda sebelum makan buah nanas.

Konsumsi buah yang lain

Jika bunda merasa khawatir dengan mengkonsumsi nanas, maka lebih baik bunda makan buah yang lainnya saja. Masih banyak kok alternative buah lain yang segarnya hampir sama dengan nanas seperti jeruk, tomat atau sirsak juga merupakan sumber vitamin yang tinggi. Dengan begitu hati bunda akan lebih nyaman dan kandungan bunda lebih aman.

Selamat menikmati kehamilan bunda yah…