es-krim

Siapa yang tak suka dengan es krim? Hampir semua kalangan menyukai santapan yang satu ini, baik itu anak kecil, orang dewasa maupun wanita hamil. Akan tetapi ada ibu hamil yang takut akan mengkonsumsi es krim karena adanya mitos yang mengatakan kalau memakan es krim bayi yang dikandung akan berukuran besar, yang bisa mengakibatkan sulitnya melahirkan? dan apakah mitos ini benar? Yuk kita cari tahu kebenarannya.

Ternyata, mitos itu tidak benar bunda. Es krim adalah santapan yang sehat dimana didalamnya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita hamil , seperti halnya : protein, vitamin, mineral, karbohidrat dan yang paling penting kalsium yang sangat bermanfaat dalam menjaga tulang ibu hamil dan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin, dan juga mencegah osteoporosis dan hipertensi. Oleh karena itu mengkonsumsi es krim pada ibu hamil tidak apa-apa, akan tetapi dalam porsi yang tidak berlebihan. Nah, berikut ada beberapa tips bagi ibu hamil dalam mengkonsumsi es krim yang benar :

  1. Saat membeli es krim cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsanya.
  2. Pastikan segel kemasan masih tertutup rapat.
  3. Pilihlah es krim dengan kandungan susu yang lebih besar dari pada unsur airnya, karena kandungan susu yang banyak bisa menjaga kekuatan tulang.
  4. Hindari mengkonsumsi es krim yang sudah mencair terus dibekukan kembali. Hal ini bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaaan. Karena rasa dan tekstur sudah berubah. Agar es krim tetap baik maka harus disimpan di dalam freezer dengan suhu dingin.
  5. Pilihlah es krim yang disimpan di pendingin yang bersih untuk mencegah resiko terkenanya bakteri listeria.
  6. Pilihlah es krim dengan susu sapi yang sudah dipasteurisasi. Pasteurisasi berfungsi untuk mencegah rusaknya kadar nutrisi didalam susu.
  7. Makanlah es krim dengan dibarengi dengan makanan lain seperti buah segar atau biskuit.
  8. Makanlah es krim dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan, yaitu 2 cangkir es krim per minggu. Dengan mengkonsumsi es krim secara tepat maka berat badan bunda tidak berisiko bertambah.

Dan ternyata es krim juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil, diantaranya :

  • Meningkatkan berat badan janin
    Bagi anda ibu hamil yang berat badan janin didalam kandungan masih kurang, bunda bisa meningkatkannya dengan mengkonsumsi es krim
  • Mengurangi rasa mual
    Bunda sering mual-mual saat hamil? Bunda bisa mengkonsumsi es krim untuk mencegah gangguan tersebut.
  • Mencegah stres
    Perubahan yang banyak terjadi pada wanita hamil bisa membuat perasaan tertekan. Nah agar emosi bunda lebih baik , bunda bisa mengkonsumsi es krim. Karena dengan mengkonsumsi es krim akan terbentuk hormon thrombotonin yang bisa membuat hati bunda merasa nyaman dan tenang.
  • Memperkuat tulang ibu dan mendukung pembentukan tulang dan gigi pada janin
    Es krim mengandung banyak kalsium yang baik dikonsumsi ibu hamil. Kalsium tersebut akan membantu mendukung pembentukan tulang dan gigi pada janin dan juga mencegah osteoporosis pada bunda.

Itulah beberapa cara mengkonsumsi es krim dan manfaatnya bagi ibu hamil. Bunda boleh mengkonsumsi es krim akan tetapi dalam porsi yang benar dan wajar. Dan juga bagi ibu hamil yang mempunyai radang tenggorokan, amandel atau keluhan yang lain sebaiknya hindari dulu makanan ini. Selalu periksakan kehamilan bunda secara rutin. Demikian, semoga bermanfaat dan membantu.