mie

Mie instan, siapa yang tak pernah mencoba makanan ini, hampir semua orang di dunia ini makan makanan yang satu ini. Nah kalau ibu hamil boleh nggak ya makan mie instan?

Mengkonsumsi mie instan baik itu untuk ibu hamil ataupun orang biasa ( wanita tidak hamil, anak-anak atau orang dewasa) sebetulnya tidak  berbahaya, tapi dengan catatan tidak terlalu sering, cukup 1 kali dalam beberapa hari atau kalau bisa cukup sebulan 1 kali saja. Makan mie instan jangan dijadikan makanan pokok / harian, karena hal ini tidak baik tidak hanya untuk ibu hamil saja orang biasa pun begitu.

Mie instan mengandung tepung yang banyak kalori, garam dan kurang mengandung berbagai macam vitamin, lemak, protein, mineral, serat serta nutrisi lainnya yang sangat diperlukan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Kandungan garam yang tinggi pada mie instan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil sendiri dan janin.

Bumbu mie instan yang banyak mengandung MSG (Monosodium Glutamat) juga bisa memicu reaksi hipersensitif seperti mual, lemas, dan nyeri kepala pada sebagian orang dan juga efek tersebut bisa semakin berat pada ibu hamil.

Terkadang ada sebagian ibu hamil yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan makan mie instan. Bagaimana agar mengurangi resiko tersebut saat ibu hamil makan mie instan? Nah sebaiknya ibu hamil harus memasak dengan benar dan sehat, berikut caranya :

Cara memasak mie instan untuk ibu hamil yang sehat :

  • Menggunakan bumbu dapur sendiri (dari bahan-bahan alami) yang tidak mengandung MSG atau jika tidak banyak waktu pakailah bumbu dari mie instan setengahnya saja / kurang dari setengah bungkus, dengan begitu akan lebih mengurangi kandungan garam dan MSG.
  • Tambahkan telur dan sayuran seperti sawi, tomat, wortel atau sayuran lainnya yang anda suka untuk menambah gizi mie instan.
  • Cara memasak mie instan yang sehat sebaiknya dilakukan dengan langkah berikut :
  1. Rebus dahulu mie instan sampai setengah matang, lalu tiriskan / buang air rebusannya, hal ini dilakukan untuk menghilangkan pengawet yang ada pada mie.
  2. Panaskan air, setelah mendidih masukkan telur, tunggu hingga satu menit lalu masukkan bumbu dan sayuran, setelah sayuran matang masukkan mie
  3. Mie instan siap disajikan.
  • Mengkonsumsi mie instan sebaiknya diimbangi dengan makanan bergizi agar kebutuhan gizi ibu hamil dan janin tetap terpenuhi

Cara memasak mie instan sehat untuk ibu hamil dan janin tersebut juga baik untuk siapa saja tidak hanya ibu hamil. Tetapi tetap harus diingat makan mie instan jangan dijadikan menu utama / tidak boleh dikonsumsi setiap hari.

Semoga bermanfaat.