ibu hamil minum es

Pada masa kehamilan wanita yang pertama kali mengalaminya akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsinya sehari-hari. Mereka akan bertanya dan minta pendapat kepada orang sekitar yang sudah pernah hamil dan sudah mempunyai anak. Tapi apakah semua pendapat orang terdahulu (orang tua jaman dulu) itu semua benar? Seperti pendapat mereka tentang “ kalau sedang hamil minum air es bisa membuat bayi kamu terlahir besar lho…”  apakah itu benar ? yuk mari kita cari tahu yang sebenarnya.

Pada masa kehamilan banyak terjadi perubahan hormon pada ibu hamil seperti suhu tubuh yang tinggi misalnya. Hal ini berakibat ibu hamil selalu merasa gerah, cepat haus dan biasanya berujung dengan ingin minum air es. Tapi banyak ibu hamil yang dilarang orang tuanya minum air es karena takut bayi yang ada dalam kandungannya besar dan susah dalam melahirkan . tapi sebenarnya minum air es tidak apa-apa untuk ibu hamil, meminum air dingin (es) tidak ada hubungannya dengan ukuran bayi dan kesulitan dalam melahirkan. Akan tetapi, ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering minum air es dikarenakan dengan mengkonsumsi air es (dingin) membuat tubuh harus lebih banyak membakar lemak atau kalori. Hal ini menyebabkan suhu tubuh naik saat mencerna air es. Sehingga ibu hamil akan kekurangan kalori dan cepat merasa lelah.

Hindari minum es manis

Ibu hamil minum air es dicampur dengan sirup atau gula inilah yang harus dihindari. Karena dengan mengkonsumsi terlalu banyak minuman yang manis bisa menyebabkan penyakit diabetes dan gula yang dikonsumsi bisa membuat ukuran bayi membesar sehingga bisa menyulitkan ibu dalam melahirkan normal. Hal ini terjadi karena saat kadar gula dalam darah bunda bertambah, maka secara otomatis bayi yang ada dalam kandungan pun ikut mendapatkan tambahan kadar gula yang berakibat bayi lahir dengan berat yang besar. Mengontrol kadar gula dalam darah saat hamil penting untuk dilakukan ibu hamil.

Boleh minum air es biasa

Bukan karena minum air es bisa membuat bayi terlahir besar akan tetapi minum air es manis / minuman dingin yang manis ( es sirup, es coklat / es teh manis ) secara berlebihan itulah yang bisa menyebabkan bayi bisa terlahir dengan bobot yang besar dan akhirnya sulit untuk dilahirkan secara normal. Jadi boleh kok minum air es saja tapi jangan terlalu sering, kalau ada yang mengatakan  ibu hamil tidak boleh minum es maka itu hanya mitos belaka.

Selamat menikmati masa kehamilan bunda yang menakjubkan dan salam sehat selalu.. 🙂