kerang bagi ibu hamil

Banyak ibu hamil yang takut mencoba makanan yang satu ini, yaitu kerang. Padahal kerang juga mempunyai manfaat bagi ibu hamil yang baik bagi bayi di dalam kandungan lho. Kerang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi ibu hamil karena mengandung protein, omega 3, omega 6 dan juga lemak jenuh yang rendah.

Omega 3 dan omega 6 penting bagi pertumbuhan bayi, nutrisi tersebut adalah bahan utama dalam pembentukan serabut syaraf dan prostaglandin yang dibutuhkan oleh kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, omega 3 dan omega 6 juga bisa meningkatkan kemampuan visual bayi, fungsi kognitifnya dan bisa meningkatkan kecerdasan anak. Jadi ibu hamil juga bagus apabila mengkonsumsi kerang karena banyak manfaatnya.

Akan tetapi, perlu ibu ingat tidak sembarang kerang bagus untuk ibu hamil. Kerang yang bagus bagi ibu hamil adalah kerang yang tidak mengandung merkuri. Karena kerang yang mengandung merkuri akan berbahaya bagi janin di dalam kandungan karena akan menyebabkan janin cacat dan autisme.

Kerang yang tercemar merkuri biasanya berasal dari perairan yang terkena limbah industri. Untuk itu, agar terhindar dari kerang yang tercemar merkuri maka lebih baik belilah kerang di pasar tradisional yang anda tahu asal usul kerang tersebut diambil.