Keuntungan Membuat Makanan Sendiri Untuk Balita Kita

Tahukah Anda apa saja keuntungan membuat makanan yang mengandung gizi balita sendiri di rumah? Mengkonsumsi makanan sehat akan membuat balita Anda tumbuh dengan kuat dan cerdas. Untuk itu memperhatikan mengenai komposisi makanan dan cara membuatnya sangat penting. Sangat disarankan apabila Anda memiliki anak balita buat sendiri makanannya. Dengan membuatnya sendiri maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan dengan langsung membelinya. Berikut ini beberapa keuntungan membuat makanan yang mendukung gizi balita sendiri di rumah yang harus pada ibu ketahui. Tujuannya tentu agar para ibu lebih baik sedikit repot namun anak-anak tumbuh dengan sehat dan kuat.

Adapun keuntungan membuat makanan yang mengandung gizi balita sendiri di rumah yang sebaiknya diketahui yaitu

  • Memilih makanan yang hendak diberikan

Dengan membuat sendiri makanan maka Anda akan lebih mudah dan mengetahui mengenai jenis makanan yang hendak diberikan dan jenis bahan apa saja yang digunakan dalam masakan. Apabila anak Anda alergi terhadap jenis makanan tertentu maka akan dapat dengan mudah dihindari. Begitu pula sebaliknya apabila anak Anda menyukai suatu makanan tentunya akan membuat lebih sering jenis makanan dan bahan makanan yang disukainya. Selain itu Anda juga akan lebih mudah mengetahui bahan makanan yang digunakan apakah memiliki kualitas yang baik atau tidak.

  • Bebas dari zat adiktif

Anda tentunya pernah mendengar dan mengetahui mengenai bahayanya apabila Anda memberikan makanan yang mengandung zat adiktif didalamnya. Tentunya anak akan mudah terserang penyakit berbahaya dan mengganggu tumbuh kembang anak. Beberapa jenis zat adiktif antara lain yaitu pengawet, perasa, pemanis buatan dan penyedap rasa.

  • Membiasakan mengkonsumsi makanan sehat

Makanan yang enak bagi seorang anak adalah makanan yang langsung dibuat oleh kedua orang tuanya. Selain lebih enak juga kita akan membiasakan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka tumbuh kembang dan kecerdasan anak akan semakin maksimal dirasakan oleh kita. Beberapa ciri anak mengkonsumsi makanan sehat adalah mudah menangkap pelajaran baik, tidak mudah sakit dan masih banyak lainnya.

  • Lebih variatif

Makanan yang dibuat sendiri selain akan memenuhi aspek gizi balita yang terpenuhi juga akan lebih variatif. Misalnya saja apabila ingin meningkatkan nafsu makanan si kecil yang dapat dilakukan adalah dengan membuat dengan hiasan tertentu. Misalnya saja bentuk tokoh kartun yang disukainya atau berbagai bentuk lucu lainnya. Dengan cara tersebut akan membuat anak akan meningkatkan nafsu makanan dengan selalu menghabiskan makanannya.

  • Mudah dan hemat

Anda tentunya bisa mengetahui mengenai berapa budget yang harus dikeluarkan apabila ingin selalu membeli makanan balita apabila selalu membelinya. Apabila Anda ingin menghemat pengeluaran dan terjamin kualitas makanannya bisa membuatnya. Jangan khawatir membuat makanan balita sangat mudah Anda hanya membutuhkan pemilihan bahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi anak tersebut.

  • Lebih enak

Apabila Anda ingin membandingkan dengan makanan siap saji makanan buatan sendiri akan lebih enak. Selain itu menghindari kebosanan dan gizi balita terpenuhi dengan baik sehingga akan membuat anak semakin sehat dan mengajarkan untuk selalu bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Seorang anak juga akan dilatih tidak berlaku konsumtif dan boros yang akan membuat anak lebih mandiri. Anak tersebut juga akan mulai memiliki perhitungan terhadap boros atau tidaknya mengenai perilaku yang tercermin setiap hari yang dilakukan oleh kedua orang tuanya.