nafsu-makan-balita

Masa balita adalah masa yang penting dalam pertumbuhannya. Tapi dalam masa ini biasanya si anak susah makan. Mungkin pada waktu pertama kali dia mengenal makanan mereka sangat lahap makannya, akan tetapi dengan bertambahnya usia dan bertambahnya kecerdasan, anak akan disibukan dengan rasa ingin tahunya akan sesuatu dan lingkungan sekitar, sehingga mereka lebih banyak dalam beraktivitas dan akhirnya susah makan. Padahal asupan makanan bergizi sangat penting untuk pertumbuhannya agar anak juga tidak mudah sakit. Nah, agar anak tetap mau makan yuk coba cara ini mungkin bisa mengatasi anak susah makan, berikut tips nya :

1. Disiplin jam makan
Bunda buatlah jadwal makan untuk si anak. Dengan membuat jadwal makan untuk si anak di harapkan setiap kali jam makannya tiba anak akan merasa lapar. Tapi ingat bunda, jangan pernah terlambat untuk memberinya makan pada jam makannya karena dengan terlambat 1 kali saja biasanya besoknya dia tidak akan mematuhi lagi jadwal makannya. Jadi sempatkanlah waktu bunda untuk si kecil.
2. Jangan Memaksa anak
Bunda pahamilah anak, jangan memaksakan makanan yang tidak dia suka atau mengatur dia harus duduk di kursi tempat dia makan, dengan terus memaksa dia harus sesuai keinginan bunda malah si anak bisa saja memberontak atau bahkan trauma. Dan akhirnya setiap kali melihat piring atau mangkok dia jadi tidak mau makan / lari. Terkadang anak malah lebih suka mengambil makanan sendiri dari pada dipaksa untuk disuapin.
3. Makanan dengan variasi yang baru
Bunda kadang anak tidak mau makan itu dikarenakan bosan dengan sajian yang itu-itu saja. Cobalah untuk menyajikan menu yang lain, mungkin si anak suka.
4. Bentuk makanan yang menarik
Makanan dengan bentuk yang unik dan menarik akan membantu nafsu makan anak agar keluar keinginan dia untuk mencoba makanan tersebut
5. Jangan memberikan jus saat makan
Bunda jangan memberikan jus buah saat si kecil makan, kalau bunda ingin memberikan jus lebih baik setelah dia selesai makan. Karena jus bisa menyebabkan si kecil kenyang duluan sebelum makan yang akhirnya dia tidak berselera untuk makan.
6. Makan bersama
Setiap kali jam makan ajaklah si kecil untuk makan bersama keluarga, terkadang anak suka dengan makan bersama-sama keluarga atau bersama teman-temannya. Dengan makan bersama keluarga juga bisa mempererat hubungan antar keluarga.
Kalau anak tetap tidak mau makan mungkin anak sedang sakit coba bunda cari tahu penyebabnya klik disini. Tetap semangat dalam mengatasi anak yang susah makan ya bunda. Memang kadang balita susah diatur tapi kita harus sabar menghadapinya dan tentu harus lebih cerdik mengatasinya.
Semoga bermanfaat