jus

Jus buah … hmm.. mendengar namanya saja kita sudah merasa segar ya bunda. Ya, minuman menyegarkan ini sangat digemari dan sangat banyak manfaatnya untuk siapa saja termasuk ibu hamil. Lalu jus buah apa sajakah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil? Berikut beberapa macam jus buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil :

  1. Jus alpukat
    Alpukat mengandung lemak baik (lemak HDL) yang mempunyai fungsi menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi jus alpukat dapat membantu ibu hamil terhindar dari sembelit. Alpukat sangat baik bagi perkembangan janin karena mengandung kaya asam folat, vitamin B,C,K, potassium dan protein.
  2. Jus apel
    Apel dapat menjaga kadar kolesterol ibu hamil tetap stabil karena mengandung zat pectin, selain itu apel juga kaya vitamin C dan vitamin B, fosfor, magnesium, potasium dan kalsium. Apel juga sangat baik dalam melancarkan pencernaan.
  3. Jus pepaya
    Pepaya mengandung karbohidrat dan enzim yang bermanfaat untuk mencegah pembengkakan yaang biasa terjadi pada tangan dan kaki, gangguan pencernaan dan peradangan yang bisa saja dialami ibu hamil.
  4. Jus jeruk
    Jeruk banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi ibu hamil. Dengan rajin mengkonsumsi jus jeruk ibu hamil akan terhindar dari serangan penyakit ringan seperti flu, pilek batuk dan anemia. Mengkonsumsi jus jeruk secara rutin juga bisa mengurangi resiko bayi terlahir cacat.
  5. Jus pisang
    Pisang mengandung kaya kalsium, dengan mengkonsumsi jus pisang ini dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi.
  6. Jus buah naga
    Buah naga sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan pertumbuhan janin, melancarkan percernaan dan penghasil energi yang dibutuhkan wanita hamil karena buah naga mengandung  vitamin B1.
  7. Jus lemon
    Lemon mengandung vitamin C dan B yang mampu membersihkan pembuluh darah, menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan racun didalam tubuh.
  8. Jus melon
    Melon mengandung kaya akan air, vitamin C, A, B1, fosfor, kalsium dan zat besi, apabila ibu hamil rajin minum jus melon maka bisa terhindar dari dehidrasi dan gejala morning sickness, dan mampu meningkatkan perkembangan otak, mata, otot dan sistem imun si kecil.

Buah memang sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja dan dalam bentuk olahan apa saja, salah satunya dalam bentuk jus. Jus buah bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin didalam kandungan.  Untuk pengolahan buah dalam bentuk jus ini, bunda bisa mencampurkan beberapa buah dalam satu jus, untuk lebih baiknya batasi penggunaan gula yang berlebihan karena bisa menyebabkan diabetes. Semoga bermanfaat ya bunda. Salam sehat selalu..