Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Menjadi Ibu Menyusui

Apakah Anda mengetahui mengenai beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari selama menjadi ibu menyusui? Pada ilmu kesehatan memang tidak ditemukan mengenai makanan yang menjadi pantangan untuk ibu yang sedang menyusui. Namun tahukah Anda bahwa ketika menyusui memang ada beberapa makanan dengan aroma dan rasa makanan yang tajam sehingga dapat mempengaruhi selera bayi untuk mengkonsumsi ASI. Banyak bayi yang menolak mengkonsumsi ASI setelah ibunya mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Sehingga ada baiknya apabila saat menyusui seorang ibu mulai mengetahui beberapa jenis makanan atau minuman tidak sehat yang sebaiknya dihindari.

Adapun beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari selama menjadi ibu menyusui yaitu :

  • Alkohol

Salah satu minuman yang sangat berbahaya dan sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih saat hamil dan ibu menyusui. Hal ini karena alkohol adalah jenis minuman keras yang dapat berakibat pada efek samping yang dirasakan oleh bayi. Beberapa efek samping ketika ibu mengkonsumsi minuman beralkohol adalah pening, bayi tidur diluar batas normal, tubuh bayi loyo dan mengantuk.

  • Kafein

Untuk ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein yang berupa teh, kopi dan minuman bersoda. Hal ini karena pada bayi yang menyusui sedangkan ibunya mengkonsumsi minuman berkafein akan menyebabkan bayi mudah rewel, marah dan sulit tidur. Untuk itu sebaiknya ibu yang menyusui menghindari minuman berkafein. Dampak lainnya yang lebih parah adalah bayi mengalami iritasi pada lambung. Iritasi pada lambung ini diakibatkan karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna.

  • Makanan yang mengandung gas

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan bergas terlebih apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Dengan mengkonsumsi makanan bergas ini akan menyebabkan bayi Anda akan merasa kembung dan buang angin secara berlebihan. Beberapa jenis makanan yang mengandung gas antara lain yaitu kacang hitam, paprika, kubis, brokoli dan masih banyak lainnya.

  • Buah yang menyebabkan ruam popok

Untuk menghindari ruam di popok ada baiknya tidak mengkonsumsi jeruk. Saat ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi buah jeruk ini karena asamnya dapat mengakibatkan beberapa iritasi pada bayi. Selain ruam popok juga akan berpengaruh pada perut bayi iritasi, rewel, diare hingga ruam popok. Selain buah jeruk ada baiknya menghindari berbagai jenis buah sitrus lainnya dan apabila ingin mendapatkan vitamin C bisa dari buah lainnya. Beberapa buah yang menghasilkan vitamin C yang terbaik dari kiwi, jambu biji, mangga dan pepaya.

  • Makanan pedas

Makanan pedas juga sebaiknya tidak dikonsumsi sebaiknya menghindarinya untuk sementara waktu. Terkadang ada ibu menyusui yang mengkonsumsi makanan pedas akan membuat bayi rewel, mengalami diare dan tidak tenang. Untuk itu alangkah baiknya apabila Anda menghindari makanan pedas.

  • Bawang putih

Ada baiknya menghindari bawang putih untuk sementara waktu. Namun apabila Anda mengkonsumsinya sebaiknya berilah jarak hingga dua jam sebelum menyusui. Hal ini karena bawang putih dapat mengubah rasa ASI dan hilang pada jangka waktu dua jam.

  • Susu dan produknya

Apabila ibu mengkonsumsi susu dan produknya misalnya saja Keju, yogurt dan masih banyak lainnya. Terkadang bayi akan mudah muntah ketika mengkonsumsi ASI Anda sehingga alangkah baiknya apabila Anda menghindari susu dan produknya.

Makanan dan Minuman diatas tidak selalu sama efeknya bagi ibu menyusui dan bayinya. Terkadang ada bayi yang daya tahan tubuhnya lebih bagus dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti. Setelah Anda mengetahui mengenai hal tersebut mulailah menghindari apa saja yang menjadi pantangan ketika ibu menyusui dan mengenali bayi Anda. Dengan cara tersebut anak akan tumbuh sehat, cerdas dan ceria setiap harinya. Semoga bermanfaat