menyusui bayi Setelah bayi dilahirkan air susu ibu (ASI) adalah makanan yang terbaik dan yang paling dibutuhkan oleh bayi bunda. ASI mengandung berbagai zat yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi dan sesuai kebutuhannya. Dengan bertambahnya waktu bayi membutuhkan ASI yang banyak untuk pertumbuhannya apalagi untuk bunda yang menerapkan ASI eksklusif kepada bayinya. Banyak ibu menyusui yang merasa kurang dengan produksi ASI nya. Produksi ASI dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi produksi ASI diantaranya asupan makanan yang dikonsumsi oleh sang bunda. Dibawah ini adalah makanan yang bisa memperlancar ASI.

  • Daun katuk

daun katuk Daun katuk mengandung fosfor, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin lainnya yang bisa memperlancar ASI. Daun katuk juga banyak mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi daun katuk saat menyusui, produksi ASI bunda bisa meningkat hingga 50%.Cara memasaknya bisa disayur bening saja.

  • Bunga pepaya

bunga pepaya Bunga pepaya juga mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor, dan kalsium yang baik untuk ibu menyusui.Cara memasaknya bisa ditumis atau dibuat gudangan.

  • Pepaya Matang / Tua

pepaya Pepaya yang telah matang sangat baik untuk ibu menyusui karena mengandung banyak vitamin  yaitu vitamin A, vitamin, C asam folat dan kalium. Pepaya juga rendah kandungan kolesterolnya . Kandungan vitamin dan kalium dalam pepaya lebih banyak dari pada jeruk. Cara makannya harus dikupas dulu ya bunda kulitnya agar getahnya hilang.

  • Daun lembayung

lembayung Daun lembayung mengandung saponin dan polifenol yang bisa meningkatkan hormon prolaktin ibu menyusui. Cara memasaknya bisa disayur bening atau di sayur bobor

  • Pare

pare Memang rasanya pahit tapi kaya akan manfaat, pare mengandung vitamin C dan anti oksidan yang berguna melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan kesehatan tulang dan gigi,gusi dan pembuluh darah dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Pare sangat baik untuk ibu menyusui yang menderita diabetes karena bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga bisa sebagai antibiotic antivirus dan anti kanker. Cara memasaknya bisa direbus untuk lalapan, ditumis atau di jus bila doyan.

  • Bayam

bayam Sayuran yang satu ini sangat disukai banyak orang, bayam mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin B6,K,A,C,E, zat besi, thiamin, protein, asam folat, kalsium, magnesium dan fosfor. Vitamin B6 dalam bayam sangat baik untuk membangun kekebalan tubuh bayi bunda., cara memasaknya pun sangat mudah, orang-orang paling suka disayur bening saja.

  • Labu Siam

Labu-Siam Mengandung asam folat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, mangan, magnesium, zinc dan kalium. Baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu menyusui. Cara memasaknya bisa disayur bening, rebus atau tumis.

  • Edamame

edamame Edamame atau kedelai sangat tinggi protein, protein sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui, karena dengan kekurangan protein produksi susu bisa berkurang.. Edamame juga mengandung vitamin C, vitamin K, asam folat, mangan, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium. Cara mengkonsumsinya pun menyenangkan karena bisa untuk cemilan setelah direbus.

  • Kacang hijau

Kacang-Hijau Kacang hijau kaya protein, tiamin, zat besi, fosfor, kalium, mangan dan asam folat. Kacang hijau sangat baik untuk sumber protein nabati dan tidak mengandung kolesterol.

  •  Jambu air

jambu air Jambu air mengandung vitamin A, C, kalsium, zat besi dan fosfor.  Vitamin A sangat baik untuk melindungi system kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Kadar air yang tinggi dalam jambu air juga bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui. Semoga daftar makanan pelancar produksi ASI diatas bisa membantu bunda yang sedang menyusui untuk tetap semangat dalam menyusui karena ASI adalah yang terbaik untuk bayi bunda. Salam sehat selalu bunda..