makanan sehat untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, ibu harus memperhatikan pola makan dan diet yang seimbang agar kebutuhan nutrisi saat hamil terpenuhi. Dengan mengkonsumsi makanan sehat asupan nutrisi ibu hamil akan terpenuhi dan kesehatan ibu dan janin pun akan terjaga. Sangat penting bagi ibu hamil menerima asupan nutrisi yang lengkap dari makanan sehat karena akan membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, ibu hamil harus makan dengan melakukan diet yang seimbang yaitu makan makanan sehat yang beranekaragam yang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin didalam kandungan, karena apapun yang ibu hamil makan nutrisinya akan tersalurkan ke janin dan membantu perkembangannya. Jadi pilihlah makanan yang sehat untuk buah hati anda. Nah, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil? Berikut makanan sehat bagi ibu hamil :

  1. Pilihlah makanan yang tinggi serat, misalnya : roti gandum, nasi, sereal, sayuran dan buah-buahan
  2. Makanlah berbagai macam jenis makanan agar kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi, seperti : 4 porsi susu, 2 sampai 4 porsi buah-buahan, 4 atau lebih porsi sayuran, 6 atau lebih porsi roti / biji-bijian, 3 porsi sumber protein seperti ikan, telur, daging dll.
  3. Ibu hamil harus mengkonsumsi cukup vitamin dan mineral setiap harinya. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi suplemen vitamin tambahan dan minum air putih 10 gelas per hari untuk memastikan bahwa setiap hari kebutuhan akan vitamin dan mineral terpenuhi.
  4. Pastikan ibu hamil mengkonsumsi sumber kalsium setiap harinya dengan makan / minum produk susu sebanyak 4 porsi atau ibu hamil harus mendapat minimal 1000 mg kalsium setiap harinya.
  5. Ibu hamil membutuhkan asam folat setiap harinya, anda bisa mengkonsumsi 1 porsi makanan sumber asam folat, misalnya : kacang hijau, kacang polong, pisang, buncis, bayam dll. Asam folat sangat baik untuk ibu hamil karena dapat mencegah cacat pada bayi.
  6. Ibu hamil harus mendapat cukup zat besi, jadi makanlah makanan yang mengandung zat besi. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil setiap harinya 27 mg.
  7. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A setiap harinya, misalnya wortel, bayam, labu, aprikot dll.
  8. Konsumsilah makanan yang mengandung sumber vitamin C misalnya: strawberri, anggur, jeruk, pepaya, tomat, sawi, brokoli dll. Karena ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C setiap harinya.

Itulah makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda terapkan dalam sehari-hari agar kesehatan dan perkembangan janin terjaga dengan baik. Dan jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi suplemen tambahan yang diberikan oleh dokter kandungan anda setiap kali anda periksa kandungan, untuk memastikan kebutuhan nutrisi anda terpenuhi dan tentunya akan sangat bermanfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat dan salam sehat selalu..