ibu hamil lelah

 

Saat menjalani kehamilan tentu saja bunda merasa bahagia dan merasa menjadi wanita yang sesungguhnya karena sebentar lagi akan mempunyai seorang bayi yang lucu. Akan tetapi pada masa kehamilan, seringkali ibu hamil merasa cepat lelah dan capek karena pada masa ini kondisi stamina bunda sering naik turun. Oleh karena itu sebagai ibu hamil akan lebih baik menajaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar bunda dan janin didalam kandungan sehat dan bunda tidak mudah sakit. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menjaga stamina bunda agar tidak mudah lelah saat hamil.

  1. Sayuran hijau
    Sayuran hijau adalah makanan wajib untuk ibu hamil. Karena banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti bayam yang banyak mengandung asam folat dan zat besi. Dan masih banyak lagi sayuran lainnya. Yang bisa membantu  melawan rasa lelah saat hamil.
  2. Buah-buahan
    Buah seperti pisang dan jeruk yang mengandung vitamin C juga berkhasiat untuk mengusir lelah. Pisang yang mengandung kaya kalsium dan asam folat juga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.
  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan memang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, contohnya Kacang merah dan  kacang almond yang juga berkhasiat mengusir lelah pada wanita hamil. Hal ini karena kacang merah mengandung zat besi yang mampu mencegah ibu hamil anemia dan juga kacang almond yang mengandung antioksidan dan vitamin yang sangat baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga nafsu makan.
  4. Yogurt
    Produk olahan dari susu ini merupakan salah satu makanan yang bagus untuk mengurangi rasa lelah karena mengandung banyak kalsium dan juga bakteri probiotik.
  5. Tahu
    Tahu mengandung protein, lemak, kalsium dan juga rendah kalori, oleh karena itu sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil sebagai penangkis rasa lelah.
  6. Seafood
    Seefood juga berguna sebagai antioksidan yang bisa mencegah rasa lelah pada wanita hamil, terutama ikan tuna dan ikan salmon yang banyak mengandung omega 3 yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Nah itulah beberapa makanan yang bisa mencegah ibu hamil kelelahan, tapi ingat ya bun, cara pengolahan juga harus diperhatikan. Untuk ibu hamil lebih baik mengkonsumsinya harus sudah matang, jangan setengah matang. Disamping mengkonsumsi makanan bernutrisi ibu hamil juga harus tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dipagi hari. Demikian semoga bermanfaat. Salam sehat selalu bunda…