rumput fatimah

Siapa yang tak kenal dengan rumput fatimah, hampir kaum wanita yang sedang hamil tahu apa itu rumput fatimah atau di arab di kenal dengan nama kaf mariyam yang mempunyai arti telapak kaki mariyam.

Ya, bagi ibu hamil rumput fatimah ini sangat dikenal dapat membantu proses persalinan menjadi lancar. Apakah itu betul adanya? Yuk disimak dulu, berikut manfaat dan bahayanya bagi ibu hamil :

Manfaat rumput fatimah bagi ibu hamil :

Rumput fatimah mengandung oksitosin yang mampu memperlancar persalinan sehingga  sering digunakan untuk obat dalam proses persalinan karena banyak orang yang percaya bahwa rumput fatimah bisa melancarkan proses persalinan dengan cepat.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan cara meminum air rendaman rumput fatimah kepada ibu hamil yang akan melahirkan.

Rumput fatimah mengandung senyawa fitokimia yaitu senyawa yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim apabila ibu hamil mengkonsumsinya. Kerja senyawa ini yaitu dengan dipecahnya pembuluh darah dan stres pada otot. akan tetapi senyawa fitokimia juga bisa menyebabkan pendarahan pada ibu hamil.

Bahaya rumput fatimah bagi ibu hamil :

Dibalik khasiat rumput fatimah yang begitu besar, ternyata rumput fatimah juga berbahaya apabila mengkonsumsinya tidak benar.

Cara penggunaan yang tidak sesuai maka akan berbahaya bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya. Kandungan oksitosin pada rumput fatimah akan berbahaya apabila anda terlalu lama merendam rumput fatimah dikarenakan akan menyebabkan kadar kandungan oksitosin pada air rendaman yang diminum akan menjadi sangat tinggi jadi akan sangat berbahaya pada saat proses persalinan berlangsung.

Penggunaan yang tidak tepat juga akan mengakibatkan pendarahan yang bisa menyebabkan janin meninggal. Ibu hamil yang mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah sebelum rahim terbuka maka akan sangat membahayakan ibu dan juga janin. Kontraksi yang sangat kuat tetapi pembukaan tidak maksimal maka akan menyebabkan robeknya rahim dan terjadi pendarahan.

Tentunya anda ingin proses persalinan anda lancar kan? Maka harus benar-benar perhatikan cara mengkonsumsinya. Anda boleh saja mengkonsumsi rumput fatimah tapi ketika anda sudah pembukaan ke 6 atau lebih pada waktu mau melahirkan. Karena apabila anda mengkonsumsi rumput fatimah sebelum terjadi pembukaan ke 6 maka ditakutkan akan terjadi kontraksi yang berbahaya. Apabila anda benar-benar ingin mengkonsumsi rumput fatimah maka sebaiknya anda konsultasikan terlebih dulu kepada dokter kandungan anda, apakah perlu atau tidak anda meminumnya saat akan melahirkan.

Demikian semoga informasi tersebut dapat membantu dan bermanfaat. Salam sehat selalu…