sumber gambar : diethuteri.com
sumber gambar : diethuteri.com

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang segar, disukai semua kalangan dan mudah mendapatkannya. Macamnya pun banyak ada jeruk santang, jeruk mandarin, jeruk lemon, jeruk bali, jeruk baby dll. Buah yang kadang rasanya asam ini banyak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam jeruk :

  1. Vitamin C
    Jeruk mengandung kaya vitamin C yang bermanfaat sebagai antibodi yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dalam menangkal radikal bebas dan juga melawan berbagai jenis penyakit ringan seperti batuk, pilek dan flu
  1. Asam folat
    Jeruk mengandung asam folat yaitu nutrisi penting dalam pembentukan sistem syaraf pusat dan perkembangan otak janin. Dengan mengkonsumsi asam folat yang cukup bisa mengurangi resiko cacat pada bayi, seperti cacat pada sumsum tulang belakang, cacat otak, bibir sumbing dll.
  1. Serat
    Kandungan serat yang terdapat pada jeruk berfungsi untuk melancarkan saluran percernaan sehingga ibu hamil terhindar dari sembelit dan konstipasi.
  1. Kolagen
    Kolagen bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan dapat mencegah ibu hamil terkena kanker. Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi jeruk maka kulit akan tetap halus dan sehat, dan juga akan terhindar dari gangguan kulit seperti bintik hitam di wajah dan jerawat.
  1. Senyawa bioflavanoid
    Senyawa bioflavanoid dalam jeruk bermanfaat memperkuat jaringan ikan dan menjaga kekuatan dinding pembuluh darah serta mengurangi peradangan saat proses kehamilan.
  1. Zat pectin
    Zat pectin yang terkandung didalam jeruk bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah darah ibu hamil.
  1. Air
    Jeruk kaya akan air yang menyegarkan, kandungan air dalam jeruk bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan memperlancar distribusi nutrisi dari ibu ke janin.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam jeruk yang bisa kita ambil manfaatnya untuk ibu hamil dan janin. Jeruk juga mampu mengurangi rasa mual, menjaga stamina dan juga mencegah pembengkakan yang sering dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa menikmati buah jeruk ini baik dimakan secara langsung atau dibuat jus. Untuk anda yang mempunyai gangguan lambung atau magh jangan mengkonsumsi jeruk yang asam ya.. Jagalah selalu asupan nutrisi anda, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..