minyak ikan

Bukan rahasia lagi kalau minyak ikan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk perkembangan otak. Tahukah anda bahwa lebih dari setengah otak kita adalah terdiri dari lemak dan hampir 30 persennya  diantaranya terdiri dari DHA. Untuk itu minyak ikan banyak manfaat untuk otak dan DHA membantu menjaga integritas struktural sel-sel otak serta memfasilitasi komunikasi antara neuron. Pada masa kehamilan mengkonsumsi minyak ikan sangat berguna untuk kesehatan ibu dan janin didalam kandungan. Minyak ikan yang sampai saat ini aman untuk dikonsumsi yaitu minyak ikan kod dan ikan salmon. Tidak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga sangat baik mengkonsumsi minyak ikan.

minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat dalam peningkatan sistem syaraf pada janin. berikut beberapa manfaat minyak ikan bagi janin di dalam kandungan :Mengoptimalkan perkembangan sistem saraf otak, Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, Meningkatkan kesehatan perkembangan mata, Meningkatkan daya tahan tubuh, Menambah berat badan janin setelah lahir, Mencegah gangguan penyakit kulit setelah lahir dll. Tidak hanya baik untuk bayi didalam kandungan ibu, khasiat dari minyak ikan juga bagus untuk kesehatan ibu hamil seperti : dapat mengurangi resiko pre-eklampsia, mendukung kekuatan tulang dan gigi, mencegah perdarahan, meningkatkan kesehatan mata ibu.

Untuk ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi minyak ikan pada masa kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga karena pada masa ini sedang terjadi proses pertumbuhan perkembangan sistem syaraf dan otak janin yang sangat pesat, dan dilanjutkan hingga beberapa bulan setelah bayi lahir. Bagi ibu menyusui juga sangat baik mengkonsumsi minyak ikan, karena ASI yang diberikan kepada bayi anda akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Akan tetapi dalam mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan, karena akan menurunkan kadar vitamin E di dalam tubuh. Ibu hamil dan ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ikan 300 mg saja setiap harinya. Agar lebih amannya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan anda, seberapa takaran yang pas untuk tubuh anda, karena kondisi dan kebutuhan ibu hamil berbeda-beda.Semoga informasi diatas memberikan manfaat dan salam sehat selalu..