minyak kelapa

Bunda pasti pernah mendengar ,bahwa banyak wanita hamil yang mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin. Bunda pasti bertanya-tanya apa sih sebenarnya khasiat minyak kelapa untuk ibu hamil?

Pada masa kehamilan maupun pasca melahirkan, kondisi tubuh akan menurun dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menurun, hal ini bisa menyebabkan tubuh  mudah terserang penyakit, yang secara tidak langsung juga berdampak pada kesehatan bayi didalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin, Hal ini dikarenakan minyak kelapa banyak khasiatnya untuk kesehatan, minyak kelapa bisa sebagai antivirus maupun anti bakteri yang bisa mencegah bunda terserang dari berbagai virus seperti halnya flu.

Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil maupun ibu menyusui :

  • Mengurangi efek samping pada masa kehamilan
    Bagi bunda yang sering mengalami sembelit maupun morning sickness, maka dengan sedikit mengkonsumsi minyak kelapa bisa membantu meringankan gejala-gejala tersebut. Minyak kelapa juga bisa membersihkan bakteri yang tidak baik dari kerongkongan dan juga mampu menetralkan asam lambung.
  • Menambah produksi asi
    Dengan mengkonsumsi minyak kelapa pada masa menyusui juga bisa membantu menambah produksi ASI selama menyusui,dan juga bisa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bunda dan si kecil.
  • Mencegah stretch mark
    Masalah stretch mark banyak wanita hamil yang mengalaminya, akan tetapi apabila bunda mengkonsumsi minyak kelapa selama masa kehamilan bisa membantu mencegah stretch mark dan memudarkan setelah bunda melahirkan. Ini dikarenakan minyak kelapa mengandung vitamin E dan juga mempunyai sifat sebagai pelembab.
  • Mengobati iritasi ringan
    Selama masa kehamilan terkadang ada bunda yang mengalami gatal atau iritasi, minyak kelapa juga bisa meringankan gatal dengan mengoleskannya didaerah yang gatal.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil dan ibu menyusui, dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 sendok setiap harinya. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi nutrisi yang lainnya yang disarankan oleh dokter kandungan bunda. Semoga bermanfaat.. salam sehat selalu ..