ibu hamil mendengarkan musik

Tahukah bunda mendengarkan musik mempunyai dampak bagi bunda sendiri dan janin? Mendengarkan musik selama kehamilan bisa memberikan pengaruh positif pada janin, terutama musik klasik yang sangat bermanfaat untuk janin. Tidak banyak orang yang tahu akal hal ini, walaupun mereka tahu akan tetapi tidak banyak yang menerapkan pada keseharian mereka dan mereka tidak mengetahui apa saja dampak yang terjadi pada janin apabila bunda mendengarkan musik saat hamil. Nah disini saya akan memberi beberapa informasi tentang manfaat mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil.

  1. Ibu hamil yang suka mendengarkan musik klasik akan memberikan rasa nyaman dan rileks sehingga bisa membuat janin didalam kandungan tenang dan nyaman.
  2. Mendengarkan musik klasik dapat merangsang kecerdasan otak kanan janin seperti meningkatkan kreativitas, kepribadian, bahasa dan juga meningkatkan indra pendengar menjadi lebih baik.
  3. Mendengarkan musik klasik juga mampu merangsang perluasan volume otak besar janin, sehingga hal ini akan sangat membantu aktivitas utama urat syaraf dalam melakukan proses imajinasi abstrak.
  4. Musik klasik bisa meningkatkan pertumbuhan lapisan kulit otak besar bagian tengah.
  5. Bagi ibu hamil sendiri dengan mendengarkan musik klasik akan memberikan efek positif yaitu menghilangkan rasa stres selama masa kehamilan sehingga janin yang berada dalam kandungan akan merasa nyaman, karena apapun yang bunda rasakan akan sangat berpengaruh pada janin yang berada di dalam kandungan.

Agar mendapatkan dampak yang positif ibu hamil harus mendengarkan musik klasik yang mempunyai nada yang beraturan dan tenang seperti halnya musik mozart. Dan hindarilah musik yang keras seperti heavy metal atau hardrock karena alunan musik akan berpengaruh pada ritme nafas janin bunda untuk itulah dianjurkan untuk mendengarkan musik klasik saja.

Itulah beberapa manfaat dari mendengarkan musik klasik bagi ibu hamil dan janin. Luangkanlah waktu walau sebentar untuk mendengarkan musik klasik agar bunda bisa mendapatkan anak yang cerdas. Waktu yang pas untuk mendengarkan musik klasik adalah pada waktu kehamilan memasuki trimester kedua, karena pada waktu trimester pertama bayi belum dapat mendengarkan dan juga merespon musik. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfat ya bunda… salam sehat selalu..