telur-asin-untuk-ibu-hamil

Telur adalah lauk yang sangat digemari oleh semua orang, karena mudah didapat, mudah cara memasaknya dan gizinya yang bagus untuk tubuh. Telur mengandung kaya akan protein yang bisa berguna bagi otak dan untuk kesehatan tubuh. Nah, lalu bagaimana dengan telur asin? Mungkin ada diantara anda yang bertanya-tanya apa khasiat dari telur asin? dan bolehkah ibu hamil makan telur asin?

Ibu hamil tentu saja boleh mengkonsumsi telur asin. Akan tetapi bagi anda yang menderita hipertensi dan mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya jangan mengkonsumsinya, karena telur asin mengandung garam yang tinggi dan juga kolesterol. Telur asin biasanya terbuat dari telur bebek yang diolah menjadi telur asin, memang baunya sedikit lebih amis dari pada telur ayam biasanya. Tapi tahukah anda bahwa telur asin mempunyai manfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung pada telur asin yang dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil dan janin. Yuk mari disimak :

  • Kalsium
    Selama masa kehamilan ibu hamil membutuhkan kalsium lebih untuk menjaga kekuatan tulang agar terhindar dari pegal-pegal dan osteoporosis. Telur asin adalah makanan yang kaya kalsium, jadi ibu hamil baik mengkonsumsinya.
  • Protein
    Protein yang terkandung di dalam telur asin lebih tinggi dibandingkan dengan susu atau daging merah. Protein ini dapat membantu pertumbuhan sel dan memperbaiki sel tubuh ibu hamil yang telah rusak. Protein dengan kandungan omega 3 nya juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif yang bisa mencerdaskan otak janin dan bayi juga akan terhindar dari cacat tabung syaraf.
  • Zat besi
    Selama masa kehamilan kebutuhan zat besi semakin bertambah sehingga ibu hamil sering mengalami anemia yang menyebabkan tubuh cepat lemas. Hal ini tentu tidak baik mengingat ada janin di dalam rahim anda. Telur asin juga mengandung zat besi yang sangat berguna bagi ibu hamil agar tubuh tidak kekurangan sel darah merah sehingga nutrisi ke janin tetap lancar dan tentunya baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.
  • Vitamin E
    Didalam telur asin juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Vitamin E juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari bakteri dan virus penyebab penyakit.
  • Vitamin A
    Telur asin mengandung vitamin A yang berguna untuk ibu hamil dan janin dalam menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung dalam telur asin yang bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu ya bunda…