waluh labu kuning

Tahukah Anda apa saja manfaat waluh atau labu kuning untuk gizi balita yang sebaiknya diketahui? Pada saat bayi menginjak usia 6 bulan maka dibutuhkan makanan pendamping asi. Hal ini karena balita pada usia diatas enam bulan sudah mulai mengunyah makanan padat untuk merangsang gigi bayi. Salah satu makanan yang dipercaya oleh ibu-ibu untuk dapat bermanfaat untuk memenuhi gizi balita adalah labu kuning. Selain harganya yang terjangkau labu kuning juga memiliki kelebihan lainnya seperti mudah cara mengolahnya dan mudah mendapatkannya. Buah labu kuning ini bisa ditanam disekitar pekarangan rumah kita atau pun langsung dibeli di tukang sayur dekat dengan rumah biasa menjual labu ini. Beberapa jenis makanan yang biasanya dilakukan untuk mengolah waluh atau labu kuning yaitu kue kering, cake, kolak, rebus dan berbagai masakan lainnya. Apabila Anda memberikan untuk anak balita ada banyak sekali manfaat waluh untuk gizi balita yang harus diketahui.

Adapun manfaat waluh untuk gizi balita yaitu :

  • Memiliki kandungan gizi penting

Berikan waluh atau labu kuning untuk anak Anda maka akan mendapatkan banyak sekali kandungan gizi yang penting. Beberapa kandungan gizi yang penting yang dimiliki oleh waluh yaitu kandungan kalsium, mineral, vitamin, fosfor dan kalium. Pada berbagai jenis kandungan gizi tersebut akan dapat bermanfaat untuk tubuh bayi antara lain yaitu

Kalsium dan magnesium = Kedua kandungan nutrisi seperti kalsium dan magnesium apabila dikonsumsi anak balita Anda akan bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, Sehingga tulang yang dimiliki akan lebih padat dan mudah untuk menjalani aktivitas serta perkembangan yang dimilikinya.

Zat besi = Ketika anak balita Anda mengkonsumsi zat besi dapat bertujuan untuk menghasilkan sel darah merah. Sehingga sel darah merah dapat menjalankan fungsinya yaitu untuk dapat mengalirkan darah yang membawa sari-sari makanan ke seluruh tubuh.

Fosfor = Pada nutrisi ini tak kalah pentingnya karena memaksimalkan fungsi pencernaan, fungsi pada otak balita, membentuk protein, hormon dan masih banyak lainnya.

Vitamin C = Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga anak tak mudah sakit dan tertular penyakit karena pergantian musim seperti yang saat ini terjadi.

Vitamin A = Mata yang dimiliki balita Anda akan dengan mudah dijaga dengan optimal apabila mengkonsumsi waluh atau labu kuning.

  • Kekebalan tubuh

Telah dijelaskan bahwa kandungan vitamin C yang akan berperan pada sistem kekebalan tubuh yang dimiliki balita Anda. Selain itu vitamin C ini juga akan menghancurkan sel kanker yang ada ditubuhnya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap orang berpotensi terkena kanker namun sampai sejauh mana kanker tersebut dapat dihindari yaitu dengan gizi balita yang mulai diperhatikan.

  • Obat cacing

Anda tak perlu membeli obat cacing yang berbahan kimia. Anda cukup membeli waluh atau labu kuning maka apabila dikonsumsi akan menjadi obat cacing alami. Tentunya mengetahui bahwa anak usia dini senang bermain tanah dan apabila hal ini terjadi maka akan dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi waluh.

  • Antioksidan alami

Dalam waluh ini ada zat antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas yang ada diluar. Sehingga balita Anda semakin terlindungi akan bahaya radikal bebas yang membuatnya mudah sakit.

Walaupun demikian alangkah baiknya apabila mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan saja. Hindari konsumsi secara berlebihan karena mengkonsumsi apapun secara berlebihan hanya akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.