wortel untuk ibu hamil

Wortel, Pasti bunda sudah tidak asing lagi dengan jenis sayur yang satu ini, sayur dengan kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Tapi tidak hanya itu, wortel juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk pada ibu yang sedang mengandung dan juga janin.

Berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam wortel yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin.

  • Vitamin A
    Wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil dan juga dapat mendukung perkembangan indera penglihatan pada janin.
  • Betakaroten
    Wortel mengandung betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh ibu hamil dari bahaya radikal bebas dan mencegah kanker
  • Kalium
    Kalium yang terdapat pada wortel bermanfaat untuk mencegah kram otot, meningkatkan aliran darah ke otak, menjaga denyut jantung agar tetap normal, menjaga sistem saraf dan menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.
  • Kalsium
    Pada masa kehamilan, ibu hamil memerlukan banyak kalsium. Wortel juga mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kalsium juga berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI nantinya.
  • Serat
    Wortel mengandung kaya serat yang berfungsi untuk mencegah sembelit dan konstipasi yang sering dialami ibu hamil.
  • Zat besi
    Wortel mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan sel darah merah dan agar ibu hamil terhindar dari anemia.
  • Vitamin C
    Wortel juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil, menjaga kesehatan, meningkatkan produksi kolagen pada ibu hamil, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi ibu hamil dan janin, serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin agar tidak terlahir cacat.

Itulah beberapa nutrisi yang terkandung didalam wortel dan manfaatnya bagi kesehatan  ibu hamil dan janin. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.