manfaat yogurt ibu hamil

Yogurt merupakan susu asam yang dihasilkan dari proses fermentasi bakteri lactobacillus yang mengeluarkan asam lactat. Yogurt terbuat dari susu baik susu hewani, nabati atau kedelai, yogurt mengandung banyak vitamin diantaranya : protein, kalsium, magnesium, riboflavin, vitamin B6, seng dan vitamin B12. Memang, yogurt sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja tak terkecuali ibu hamil. Di balik kelezatannya tersimpan banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan mengkonsumsi 250 ml yogurt setiap hari sudah mampu memenuhi gizi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat yogurt bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan anda :

  1. Mencegah sembelit
    Banyaknya kandungan serat di dalam yogurt dapat membantu sistem pencernaan menjadi lancar dan terbebas dari gangguan konstipasi atau sembelit.
  1. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi
    Yogurt mengandung kalsium yang bermanfaat membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada janin, selain itu juga bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang ibu hamil.
  1. Membantu pembentukan sel-sel tubuh
    Yogurt mengandung protein yang sangat bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak janin dan membantu pembentukan sel-sel tubuh, hal ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin secara sempurna.
  1. Mencegah preeklampsia
    Vitamin D yang terkandung didalam yogurt sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko hipertensi dan mencegah terjadinya preeklampsia pada ibu hamil.
  1. Menjaga fungsi usus
    Yogurt adalah makanan sumber probiotik / bakteri baik dalam pencernaan. Bakteri probiotik yang terkandung didalam yogurt bermanfaat melindungi usus dari berbagai penyakit yang masuk melalui makanan ke usus.

Agar ibu hamil mendapat manfaat yang tepat dari yogurt, ibu perlu mengetahui cara mengkonsumsi yogurt yang benar dan aman selama kehamilan. Berikut tips mengkonsumsi yogurt untuk ibu hamil :

  • Pastikan anda mengkonsumsi yogurt yang sudah melalui proses pasteurisasi untuk menjamin terbebas dari bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.
  • Pilihlah yogurt tanpa tambahan perasa buatan dan tanpa pewarna makanan atau pilihlah yogurt dengan tambahan rasa alami gula atau madu.
  • Pilihlah yogurt yang benar-benar berkualitas tinggi, aman, tanpa bahan pengawet dan pemanis bautan.
  • Makanlah yogurt yang diolah secara tepat, seperti mencampurnya dengan potongan buah atau dibuat saus salad.
  • Konsumsilah tiga cup kecil atau sekitar 250 ml saja dalam sehari.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan manfaat dari yogurt untuk kesehatan ibu dan janin, yogurt memang salah satu jenis bahan makanan yang berkualitas, untuk itu ibu hamil bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk mendukung nutrisi selama kehamilan anda. Semoga bermanfaat ya.. salam sehat selalu…