makanan wajib ibu menyusui

Ibu menyusui itu perlu menjaga tubuhnya tetap sehat. Salah satu caranya tentu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Anda tentu tahu bahwa menu makanan sehat sangat mempengaruhi kualitas ASI. Dengan demikian makanan yang masuk ke tubuh bukan hanya itu kesehatan ibu, tapi juga buah hati yang baru saja lahir.

Nah bicara soal makanan sehat, berikut ada beberapa menu yang sangat baik untuk ibu menyusui. Anda bisa mengkombinasikan makanan tersebut setiap hari agar tak bosan. Sebisa mungkin hadirkan makanan-makanan di bawah ini jadi menu wajib Anda. Selengkapnya mari kita bahas satu per satu.

Ikan Salmon

Salmon sering dibilang sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui. Kandungannya kaya beragam nutrisi penting termasuk DHA. DHA ini berguna untuk perkembangan sistem saraf bayi. Sebenarnya ASI sendiri sudah mengandung DHA. Dan DHA tambahan dari salmon bisa meningkatkan nutrisi pada ASI sehingga lebih optimal. Selain itu salmon juga membantu mengurangi risiko terkena baby blues.

Daging Sapi Tak Berlemak

Bila Anda butuh banyak energi sebagai ibu menyusui, maka konsumsilah makanan yang kaya zat besi seperti daging tanpa lemak. Zat besi efektif menambah energi dan bila kekurangan akan menguras energi. Hasilnya Anda akan kewalahan beraktivitas sebagai ibu menyusui. Dapatkan juga protein tambahan dan vitamin B12 dari daging tak berlemak.

Telur

Bagian kuning telur terbilang baik untuk ibu menyusui. Ada sumber vitamin D alami pada kuning telur. Nutrisi tersebut membantu tulang Anda tetap kuat dan pertumbuhan tulang bayi. Telur juga dipercaya sebagai makanan sederhana termudah untuk mencukupi kebutuhan protein. Anda bisa merebus, didadar atau diolah bersama menu makanan sehat lainnya.

Produk Susu Renda Lemak

Susu, keju dan yoghurt, pilih salah satu atau ketiganya untuk jadi menu makanan sehat sehari-hari. Susu dan produk olahannya sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Sejumlah nutrisi seperti vitamin B, D, protein dan kalsium terbaik ada di susu.

Nutrisi tersebut bisa menjaga tubuh ibu tetap sehat dan membantu pertumbuhan buah hati. Khususnya untuk perkembangan tulang. Jadi sertakan sekitar 3 cangkir susu setiap hari di daftar menu makanan harian Anda.

Gandum, Beras Cokelat atau Beras Merah

Selain sehat untuk Anda dan bayi, jenis beras ini juga bagus untuk program diet ibu. Pasca melahirkan Anda pasti mencari berbagai cara mengembalikan bentuk tubuh dan mengurangi asupan karbohidrat. Namun cara yang dianjurkan umumnya berisiko pada kualitas ASI yang diberikan ke bayi. Untuk menyiasatinya makanlah jenis karbohidrat lain seperti gandum, beras merah atau beras cokelat. Selain itu, roti gandum juga mengandung asam folat yang penting untuk bayi.

Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, brokoli dan sebagainya merupakan sayuran hijau yang menyehatkan. Sayuran mengandung banyak vitamin A, zat besi, dan kalsium non susu yang sangat diperlukan bayi lewat ASI. Selain itu makanan ini juga rendah kalori dan bisa jadi antioksidan yang baik.

Jeruk

Buah satu ini terbilang sangat umum dan mudah ditemukan dimana-mana. Seperti diketahui jeruk kaya vitamin C dan ibu menyusui sangat butuh vitamin ini dalam jumlah cukup besar. Anda bisa memakan jeruk dengan cara berbeda sesuai selera. Bisa dikupas dan makan langsung, di jus dan sebagainya. Sangat dianjurkan mengolah jeruk sendiri di rumah. Tapi bila sangat sibuk boleh membeli olahan jeruk di supermarket dengan memperhatikan komposisinya terlebih dahulu.