minuman sehat

Hamil adalah kebahagiaan yang luar biasa bagi setiap wanita. Akan tetapi, saat hamil perlu pilih-pilih dalam makanan dan minuman yang akan dikonsumsi ibu hamil. Karena, tidak semua makanan dan minuman baik untuk kehamilan karena mengingat didalam kandungan ada janin yang akan menyerap makanan apapun yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Setelah ibu mengetahui telah hamil maka sebaiknya mulai memperhatikan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi. Karena kini makanan dan minuman yang ibu konsumsi juga akan diserap oleh janin yang akan mendukung perkembangan dan pertumbuhannya. Mungkin sebelum anda hamil sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sembarangan, nah kini sebaiknya hal itu tidak dilakukan lagi. Contohnya, dulu ibu seorang penggemar kopi, nah, untuk saat ini apabila ibu sedang hamil maka hindari dulu minum kopi secara berlebihan. Kebiasaan minum kopi yang berlebihan bisa berbahaya bagi kehamilan anda.

Kafein mempunyai efek diuretik dan stimulan yang berpengaruh pada peningkatan frekuensi buang air kecil yang bisa memicu dehidrasi, meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah tinggi. Jika ibu hamil mengalami hal tersebut maka akan berbahaya bagi dirinya dan janin didalam kandungan.

Minuman berkafein yang perlu anda batasi konsumsinya saat sedang hamil yaitu teh, kopi dan soft drink. Apabila ibu sudah ketagihan dengan minuman yang mengandung kafein maka anda bisa membatasi dalam mengkonsumsinya, cukup 1 cangkir dalam sehari. Apabila anda bisa menghindarinya maka akan lebih baik.

Untuk itu selama masa kehamilan ada baiknya mengkonsumsi minuman sehat, ada beberapa minuman sehat yang bisa menggantikan kebiasaan minum minuman berkafein tersebut. Karena minuman sehat ini tidak ada batasan bagi ibu hamil dalam megkonsumsinya. Karena dengan minum minuman sehat ini ibu hamil malah akan mendapat dampak poisitifnya. Inilah minuman sehat yang baik untuk kehamilan anda :

  1. Air putih
    Ibu hamil disarankan untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari atau lebih. Air putih sangat baik untuk kesehatan karena akan menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi dan susah buang besar. Air putih juga bisa memperlancar aliran darah.
  1. Susu
    Susu merupakan minuman yang disarankan untuk ibu hamil. Karena susu mengandung kaya kalsium dan vitamin D yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang janin didalam kandungan. Bagi ibu hamil yang alergi dengan susu sapi maka bisa menggantinya dengan susu kedelai. Ibu hamil disarankan untuk minum susu 2 gelas dalam sehari agar tubuh sehat dan kebutuhan nutrisi saat hamil terpenuhi.
  1. Jus buah
    Minuman segar yang satu ini memang sangat disukai oleh semua kalangan tidak terkecuali ibu hamil. Jus buah sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena jus buah mengandung kaya mineral, vitamin dan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Jus dengan kombinasi buah-buahan juga enak lho..seperti apel, jeruk dan kiwi.

Nah kini ibu hamil sudah tahu kan mana minuman yang harus dibatasi atau dikurangi dan minuman sehat yang harus diminum yang baik bagi kehamilan anda. Untuk kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, maka pintar-pintarlah dalam memilih makanan dan minuman, dan berusahalan menahan diri untuk tidak banyak minum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan soft drink. Demi sang buah hati pasti ibu bisa lakukan itu. Demian semoga bermanfaat.