sakit gigi pada ibu hamil

Hampir setiap orang mengalami sakit gigi, tak terkecuali ibu hamil. Sakit yang satu ini terasa sangat mengganggu sekali dan bahkan sering kali membuat orang menangis. Pada ibu hamil sakit gigi dan sakit gusi sering kali terjadi, hal ini dikarenakan pengaruh hormon kehamilan yang menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif. Mungkin bagi orang biasa apabila sakit gigi bisa membeli obat di apotik atau di toko terdekat tanpa resep dokter, akan tetapi untuk ibu hamil yang mengalami sakit gigi atau gusi tidak bisa sembarangan dalam mengobatinya. Karena apabila salah obat maka bisa membahayakan kandungan dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk mengobati sakit gigi dengan cara yang aman yang tidak mengganggu kehamilan. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menangani sakit gigi pada ibu hamil? Dan tentunya dengan cara yang aman. Berikut beberapa tips atasi sakit gigi pada ibu hamil secara aman :

  1. Berkumur dengan air hangat dicampur garam
    Mungkin bagi anda yang sering kali mengalami sakit gigi tidak asing lagi dengan cara ini, ya cara ini sangat simple cukup siapkan 1 gelas air hangat kemudian tambahkan garam setengah sendok aduk rata. Lalu gunakan larutan ini untuk berkumur selama 1 menit, setengah jam setelah anda makan lakukan 3 sampai 4 kali dalam sehari. Cara ini dapat meringankan sakit gigi anda.
  1. Kompres dingin
    Kompres bagian pipi luar pada sisi gigi yang sakit dengan menggunakan kompres dingin. Tapi ingat jangan sampai terkena langsung dengan gigi karena akan menambah rasa sakit. cukup dibagian luar pipi saja. Suhu yang dingin akan membantu meringankan rasa sakit.anda bisa menggunakan menggunakan handuk yang dicelupkan ke air es atau dengan handuk yang didalamnya ditaruh es batu.
  1. Minum obat pereda nyeri
    Untuk ibu hamil ada obat yang aman yang dijual bebas di apotik yaitu  paracetamol. Paracetamol bisa digunakan untuk meredakan nyeri pada sakit gigi. Sedangkan obat lain yang efeknya lebih ampuh bisa membahayakan kehamilan.
  1. Gunakan obat oles
    Ibu hamil bisa menggunakan obat oles yang mengandung minyak cengkeh dan benzocaine, obat ini bisa meredakan nyeri pada sakit gigi dan gusi dengan cepat karena meresap langsung ke jaringan gigi dan gusi dan aman digunakan ibu hamil karena bekerja secara lokal.

Itulah beberapa cara yang aman untuk menangani sakit gigi dan gusi pada ibu hamil. Apabila sakit gigi bunda tidak kunjung sembuh maka segera periksakan ke dokter. Semoga cara tersebut bermanfaat dan salam sehat selalu.