olahraga yang cocok untuk ibu hamil

Bagi wanita hamil menjaga tubuh agar tetap bugar sangat diperlukan, karena dengan tubuh yang sehat kesehatan janin didalam kandungan pun akan terjaga. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat maka diperlukan olahraga bagi wanita hamil. Memang tidak semua jenis olahraga bagus untuk ibu hamil akan tetapi ada beberapa olahraga ringan yang baik untuk untuk dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga saat hamil dapat membantu anda dalam proses persalinan nantinya. Ada banyak manfaat olahraga pada masa kehamilan, misalnya saja senam hamil, ibu hamil yang melakukan senam hamil bisa mengurangi resiko kegemukan, tubuh tetap bugar, mengurangi pegal-pegal, melatih kekuatan otot, melatih pernafasan, dan yang paling penting adalah pelepasan hormon endorfin yang akan membantu ibu tetap tenang dan bahagia. Bagi anda yang ingin berolahraga, tetapi tidak tahu olahraga apa saja yang cocok, aman dan tepat bagi ibu hamil. Berikut ada beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil :

  1. Jalan kaki
    Jalan kaki adalah olahraga ringan yang mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lakukan olahraga jalan kaki ini selama kurang lebih 30 menit setiap harinya agar peredaran darah lancar. Dan carilah jalan yang aman untuk melakukan olahraga ini, hindari jalan yang licin dan terjal agar tidak membahayakan diri anda.
  1. Renang
    Renang adalah salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot kaki dan tangan serta baik untuk kinerja jantung. Olahraga renang juga baik untuk menurunkan berat badan yang berlebih
  1. Yoga
    Dengan berolahraga yoga bisa memberikan rasa tenang, rileks dan nyaman, serta melatih pernafasan dan kelenturan otot. Hal ini sangat bermanfaat bagi ibu yang tidak lama lagi akan melahirkan / hamil tua. Lakukan yoga 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit.
  1. Senam hamil
    Senam hamil ini biasanya dilakukan pada kehamilan trimester ketiga untuk mempersiapkan proses persalinan. Pada senam hamil ini, anda nantinya akan diajari gerakan melatih pernafasan, posisi melahirkan dan juga cara mengejan yang benar. Dalam melakukan senam hamil sebaiknya didampingi oleh ahlinya / dibantu dan diawasi oleh instruktur yang berpengalaman. Agar senam yang dilakukan benar dan  dapat membantu dalam proses persalinan nantinya.
  1. Sepeda statis
    Dengan melakukan aktivitas sepeda statis tubuh akan merasa sehat dan juga memberikan manfaat dalam  melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan oksigen ke otak bayi. Olahraga ini cocok dilakukan pada trimester kedua.
  1. Kegel
    Latihan kegel bisa memperkuat otot-otot panggul dan juga tubuh akan memproduksi hormon relaksin selama kehamilan, hormon ini dapat melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses melahirkan lebih mudah.

Itulah beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil lakukan. Apabila anda ingin melakukan olahraga tersebut maka sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi kram. Konsultasikan kesehatan, kondisi fisik dan tingkat kemampuan anda pada dokter kandungan anda, agar dokter bisa memilihkan olahraga apa yang pas untuk anda lakukan. Sekian, semoga bermanfaat dan salam sehat selalu..